Paus Fransiskus (Foto: ist).

Katoliknews.com – Paus Fransiskus kembali menunjukkan kemurahan hatinya dengan membuka tempat mencuci pakaian gratis untuk tunawisma di Kota Roma, Italia pada Senin, 10 april 2017.

Sebagaimana dilansir The Independent, Selasa (11/4), tempat yang diberi nama The Pope’s Laundry itu sengaja dibangun untuk meringankan beban hidup tunawisma.

Di tempat tersebut, mereka bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada, seperti mesin cuci, detergen, mesin pengering, serta setrika yang disediakan secara cuma-cuma.

Pihak pengelola gereja Vatikan menyebut proyek ini sebagai cara untuk meningkatkan martabat tunawisma yang selama ini dicemooh.

Tempat itu diresmikan oleh Pastor Konrad Krajewski, pada Senin (10/4).

Tempat cuci yang dikelola komunitas San Diego itu terletak di kawasan Trastevere, Roma, berdekatan dengan rumah sakit tua, People of Center Peace.

Jadi, para relawan dari komunitas itulah yang akan mencucikan baju para tunawisma tersebut.

Komunitas tersebut  telah melayani para tunawisma di Roma selama 10 tahun terakhir.

“Orang miskin, terutama mereka yang tidak punya tempat tinggal tetap bisa mendapat kemudahan di sini. Kamu akan melayani mereka dengan baik layaknya keluarga,” tutur salah seorang anggota komunitas tersebut.

Pastor Condrad mengatakan, dalam beberapa bulan ke depan pengelola gereja Vatikan juga akan menyediakan layanan kamar mandi, tukang cukur, serta pusat kesehatan gratis untuk tunawisma.

“Kami telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini telah ada dua perusahaan yang bersedia menyumbangkan pisau dan sabun cukur gratis,” kata dia. 

JTP/Katoliknews

Komentar