Ilustrasi Kisa Sengsara Tuhan Yesus atau Tablo di Katedral Jakarta, Jumat (14/4/17). Foto: Antara.

Katoliknews.com – Humas Gereja Katedral Jakarta, Susyana Suwandie mengungkapkan Tema Pekan Suci KAJ saat ditemui pihak Beritasatu.com pada Jumat, 14 April 2017.

Ia mengatakan, tahun ini Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengusung tema “Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab” dalam pekan suci Perayaan Paskah 2017 Paroki Katedral Jakarta.

Tema ini diangkat karena Gereja Katolik memandang Pancasila sebagai wadah kesatuan dan persatuan nasional dan menerima Pancasila sebagai landasan pemersatu berbagai golongan di Indonesia.

“Di tahun 2016 kita diajak untuk lebih memahami arti kerahiman Allah. Tema ini selaras dengan Sila Pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa,” kata Susyana ¬†saat ditemui di Gereja Katedral Jakarta.

Sementara di tahun ini, kata dia, KAJ mengajak umat Katolik untuk menyelami sila kedua untuk merenungkan apakah keadilan sudah dinikmati oleh segenap masyarakat Indonesia.

“Tema ini menunjukkan dan menumbuhkan sikap makin adil dan makin beradab pada sesama sebagai bagian dari upaya mengamalkan Pancasila dengan iman yang teguh,” ucapnya.

Dengan tema keadilan sosial ini, lanjut Susyana, KAJ juga mengajak umat Katolik untuk bergerak bersama dan masuk dalam duka dan derita jemaat.

Kreativitas juga sangat mungkin dihasilkan dengan menjawab pertanyaan apa yang dapat dilakukan umat agar lingkungan sekitar baik keluarga, gereja, dan masyarakat bisa lebih beradab.

“Semuanya diharapkan mengarah kepada Gerakan Suka Menolong dan ini juga mengingatkan kami akan semangat gembala baik dan murah hati,” katanya.

Beberapa pekan lalu, Uskup KAJ Mgr Ignatius Suharyo mengingatkan kembali agar umat Katolik mengamalkan Pancasila yang juga merupakan arah dasar (ardas) KAJ sejak 2016 sampai 2020 nanti.

 

JTP/Katoliknews

Komentar