Paroki Katedral Jakarta Tunda Jadwal Misa di Hari Raya Idul Fitri

by
Katedral Jakarta (Foto: ist).

Katoliknews.com – Pastor Paroki Katedral Jakarta, Romo Hani Rudi SJ baru-baru ini mengubah jadwal Misa Hari Minggu di Katedral Jakarta khusus untuk tanggal 25 Juni 2017 nanti.

Biasanya, Gereja Katedral menjadwalkan Perayaan Ekaristi di hari Minggu pada jam-jam 06.00, 07.30, 09.00, dan 11.00, 17.00 dan 19.00 WIB.

Namun khusus pada tanggal 25 Juni nanti, jadwal Misa pada pagi harinya akan dimundurkan ke jam 10.00 dan 12.00, sementara pada sore harinya tetap sama.

Jadwal Misa Paroki Katedral Jakarta pada Minggu, 25 Juni 2017 (Foto: Sesawi.net).

Hal tersebut dilakukan karena pada tanggal 25 Juni, halaman Katedral akan digunakan Umat Muslim yang merayakan Idul Fitri dan melaksanakan Sholat Ied.

Romo Adi Prasojo Pr, Sekretaris Keuskupan yang juga tinggal di Katedral Jakarta menyatakan bahwa pengumuman itu memang dibuat Pastor Paroki, Rm Hadi Rudi SJ.

“Kebijakan pastoral kreatif itu diambil oleh Romo Kepala Paroki bersama Dewan Paroki Harian Paroki Katedral. Dan kami Kuria Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mendukung,”ujar Romo Adi kepada Sesawi.net lewat pesan singkat di Jakarta, Minggu (16/6/2017).

Menurut Romo Adi, Romo Hani ingin mewujudkan sikap bertetangga yang baik dan menjunjung tinggi toleransi kepada saudara dan saudari umat Muslim.

“Karena shalat Ied bertepatan dengan jadwal perayaan Ekaristi Minggu, 25 Juni 2017, Romo Paroki mengambil kebijakan menyesuaikan jadwal misa Minggu,” kata dia.

Gereja Katedral berada tepat di hadapan Masjid Besar Istiqlal Jakarta dan selama ini kedua belah pihak sering bekerja sama, seperti dialog antar agama dan dalam hal-hal kecil, seperti perparkiran.

 

JTP/Katoliknews