Sampaikan Ucapan Idul Fitri, Keuskupan Pangkalpinang Pasang Spanduk di Sejumlah Masjid

1010
Spanduk ucapan Idul Fitri dari Keuskupan Pangkalpinang yang dipasang di Masjid Jamik, Pangkalpinang. (Foto: dok)

Katoliknews.com – Keuskupan Pangkalpinang menyampaikan ucapan selamat kepada umat Muslim yang merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H dengan memasang spanduk di beberapa masjid di kota Pangkalpinang. 

RD Agustinus Dwi Pramodo, Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (HAK) mengatakan, lewat spanduk-spanduk itu, Keuskupan Pangkalpinang ingin menyatakan ikut bersukacita atas perayaan imam umat Muslim.

“Ini sebagai salah satu cara untuk turut mengucapkan selamat kepada saudara-saudari kita umat Muslim” ujarnya kepada Katoliknews.com, Sabtu 24 Juni 2017.

Ia menjelaskan, pemasangan spanduk di masjid memang bukan pertama kali dilakukan. Saat umat Muslim memulai masa puasa, Keuskupan juga memasang spanduk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa.

Spanduk itu, kata dia, mendapat apresiasi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bangka Belitung, Pengurus Masjid Jamik Pangkalpinang dan beberapa tokoh agama lain.

RD Agustinus Dwi Pramodo, Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK). (Foto: dok)

Menurut imam yang biasa disapa Romo “Ustad” Pramodo itu, spanduk-spanduk itu adalah alat untuk mewartakan salam harmoni kepada sesama anak bangsa yang sedang bersukacita dalam hari raya agamanya.

Ia menambahkan, karena hubungan baik dengan para pengurus masjid di Pangkalpinang, maka tidak terlalu sulit ketika pihak Keuskupan menyatakan niat untuk memasang spanduk.

“Ketika saya meminta izin kepada pengurus Masjid Jamik untuk memasang spanduk ini, Bapak H. Syahrial Munsir sangat senang dan bahkan ikut menunjukkan tempat di mana kami harus memasangnya,” katanya.

“Beliau bahkan juga mengundang dan mengingatkan kami supaya jangan lupa berkunjung ke rumahnya pada Hari Raya Idul Fitri,” imbuhnya.

Imam yang ditahbiskan di Pasang Surut, Palembang ini menyadari, membangun tali silaturahmi dan mengungkapkan kegembiraan pada hari raya keagamaan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana semacam ini.

“Prinsipnya kita datang lalu menjelaskan maksud dan tujuan kita,” katanya. “Niat yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula,” lanjutnya.

Pantauan Katoliknews.com, dalam spanduk-spanduk itu, selain berisi kalimat ucapan Selamat Idul Fitri, juga ada foto Administrator Apostolik Pangkalpinang, Mgr Yohanes Harun Yuwono.

Stefan/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here