Umat Muslim di Minahasa sedang melaksanakan Shalat Ied (Foto: ist).

Katoliknews.com – Pemuda Katolik bersama para Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) membantu menjaga keamanan selama perayaan Lebaran 2017 di sejumlah tempat di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

Dilansir Antaranews.com, Pemuda Katolik yang turut menjaga keamanan tersebut kebanyakan merupakan anggota Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St Fransiskus Xaverius Pineleng.

Ketua OMK Pineleng, Raymond Dien mengatakan sejumlah anggota OMK beserta pemuda dan remaja turut ambil bagian dalam mengatur lalu lintas serta menjaga keamanan dan ketentraman umat Muslim dalam melaksanakan ibadah.

“Kelompok masyarakat yang tergabung dalam organisasi Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng bersama pemuda dan remaja GMIM Kalvari Pineleng membantu penjagaan masjid dalam memperlancar pelaksanaan sejak shalat Id dan Lebaran,” kata dia.

Disampaikan bahwa hal ini sebagai bentuk toleransi antarumat beragama, dimana baik pemuda Kristen maupun Muslim selalu bergantian melakukan penjagaan di rumah ibadah saat perayaan hari raya keagamaan.

“Suasana ini memang selalu tercipta di Desa Pineleng Raya, baik saat hari raya umat Kristen maupun Muslim. Hal-hal seperti ini akan terus dijaga sebagai tanda kerukunan antar umat beragama di desa ini,” lanjut Raymond.

Sementara itu, Ketua Remaja Masjid Imam Bonjol Ardiansyah Mustafa mengucapkan terima kasih kepada OMK Santo Fransiskus Xaverius dan pemuda dan remaja GMIM Kalvari Pineleng yang telah ambil bagian dalam memperlancar pelaksanaan Shalat Ied.

“Kami sangat mengapresiasi pemberian diri dari umat Katolik dan GMIM ini. Semoga suasana ini bisa terus terjaga di Desa Pineleng Raya ini,” kata Mustafa.

 

JTP/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here