Mgr Yohanes Harun Yuwono (Foto: Berkatnews)

Katoliknews.comAda kisah menarik di balik pengangkatan Mgr Adrianus Sunarko OFM sebagai Uskup Pangkalpinang.

Kisah menarik itu diungkapkan Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang, Mgr Yohanes Harun Yuwono di salah satu grup Whats App para imam Keuskupan Pangkalpinang, tentang bagaimana ia selalu bertanya kepada Duta Vatikan atau Nuntius, Mgr Antononio Guido Filipazzi terkait kapan Vatikan memilih uskup baru.

“Setiap kali saya berjumpa dengan Duta Vatikan selalu saya menanyakan, kapan akan ada kabar baik untuk Keuskupan Pangkalpinang? Kabar baik yang saya maksudkan adalah terpilihnya uskup defenitif Keuskupan Pangkalpinang,” demikian penuturan Mgr Yuwono.

Ketika kembali berjumpa Nuntius di Sintang bulan Maret lalu, Mgr Yuwono kembali bertanya dan Nuntius mengatakan, tidak akan terlalu lama lagi.

“Paling lambat, semester pertama tahun depan,” tulis Mgr Yuwono mengutip jawaban Nuntius.

Ketika tahbisan Uskup Agung Semarang pada 19 Mei lalu, ia kembali bertanya lagi.

Jawaban Nuntius kala itu, “sabar lah ya.”

Pada 13 Juni, saat pesta perpisahan dengan Nuntius yang akan pindah tugas ke Nigeria, jawaban doa Mgr Yuwono dan umat Keuskupan Pangkalpinang condong ke kepastian akan adanya uskup baru.

Pasalnya, kepada Mgr Yuwono, Nuntius mengatakan, pastinya setelah tanggal 20 Juni.

Ternyata tentang tanggal 20 Juni ini terbawa pada mimpi.  “Pada tanggal 20 Juni, saya terbangun dari mimpi. Dalam mimpi, saya sangat bahagia karena mendapat uskup baru. Namun ternyata hanya mimpi. Ketika terbangun, saya menyesal. Namun saya lalu berdoa, agar segera terjadi Keuskupan Pangkalpinang mendapatkan uskup baru,” tulis Mgr Yuwono lagi.

Pada tanggal 22 Juni 2017, pukul 13.20 Mgr Yuwono mendapat telepon dari Kedutaan Vatikan.

Ia begitu bahagia mendengar suara Nuntius yang mengatakan ,“We have a new  Bishop.” 

Saat Mgr Yuwono mengatakan, “Thank you very much. And who is he?” Duta Vatikan pun menyebut nama.

Uskup baru, Adrianus Sunarko OFM. (Foto: Ist)

Dan nama itu, Mgr Adrianus Sunarko OFM yang diumumkan pada Rabu, 28 Juni di Pangkalpinang oleh Mgr Yuwono di hadapan para imam yang sedang berkumpul merayakan misa ulang tahun imamat beberapa imam.

Para imam dan umat Keuskupan Pangkalpinang bersukacita atas terpilihnya uskup baru ini.

Imam dan umat juga mengucapkan terima kasih kepada Mgr Yuwono yang menggembalakan umat Keuskupan Pangkalpinang sebagai Administrator Apostolik kurang lebih satu tahun, setelah Mgr Hilarius Nurak SVD meninggal dunia 29 April 2016 lalu.

Stefan/Katoliknews

Komentar