Paus Fransiskus Kukuhkan Lima Kardinal Baru

by
Kelima Kardinal Baru yang dikukuhkan Paus Fransiskus pada Rabu, 28 Juni 2017 (Foto: Sesawi.net).

Katoliknews.com – Pemimpin Umat Katolik, Paus Fransiskus mengangkat lima Kardinal baru dalam Perayaan Ekaristi di Vatikan pada Rabu, 28 Juni 2017.

Kelima kardinal baru itu adalah:

  1. Uskup Anders Arborelius dari Stockholm, Swedia.
  2. Uskup Louis-Marie Ling Mangkhanekhoun, Apostolik Vicar of Pakse, Laos, yang juga merangkap Administrator Apostolik Vientiane di Laos.
  3. Uskup Agung Jean Zerbo dari Bamako, Mali.
  4. Uskup José Gregorio Rosa Chávez dari San Salvador.
  5. Uskup Agung Juan José Omella dari Barcelona, Spanyol

Paus mengingatkan kepada para kardinal tersebut bahwa mereka tidak dipanggil untuk menjadi ‘Pangeran Gereja’ dan bukan untuk duduk di sisi-Nya, tetapi untuk melayani seperti Dia dan bersama Dia.

“Dia memanggilmu untuk melayani Allah dan sesama. Untuk menghadapi dosa dunia dan akibatnya terhadap kemanusiaan saat ini. Ikutilah Dia, majulah bersama orang-orang kudus, dengan pandangan melekat pada Salib Tuhan dan kebangkitanNya,” demikian pesan Paus kepada para kardinal baru pada upacara pemberian topi merah (biretta) dan cincin kardinal di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Usai upacara konsistory tersebut, Paus Fransiskus bersama para kardinal baru pergi mengunjungi Paus Benediktus XVI di Biara Mater Ecclesiae.

Kemudian, para kardinal menuju atrium Paus Paulus VI dimana mereka disambut dan diberi selamat secara resmi.

Upacara pengangkatan kardinal baru ini merupakan yang keempat dalam masa kepausan Paus Fransiskus.

Sampai saat ini jumlah keseluruhan kardinal adalah 225 orang, dari jumlah tersebut sebanyak 104 telah berusia di atas 80 tahun sehingga tidak punya hak suara memilih paus.

 

JTP/Katoliknews/Sesawi

Tulisan ini sebelumnya dimuat di Sesawi.net.