Bangunan gereja di Rumania yang memiliki penjara perkawinan (Foto: Stephen McGrath/BBC).

Katoliknews.com – Salah satu desa warisan dunia Saxon UNESCO di Transylvania, punya cara unik agar penduduknya tidak bercerai, yaitu dengan mengunci mereka ke dalam ‘penjara perkawinan’.

Diintip dari BBC, Rabu (12/7/2017) Rumania memiliki desa yang penduduknya anti dalam perceraian, Biertan. Desa Biertan merupakan desa warisan dunia yang berada di Kota Transylvania.

Terletak di halaman sebuah gereja, ada sebuah bangunan kecil yang dijadikan sebagai tempat ‘terapi’ bagi pasangan yang hampir bercerai.

Caranya cukup ekstrem, yaitu dimasukkan ke dalam ruangan yang disebut penjara perkawinan.

Pasangan yang akan bercerai ini akan dikurung di ruangan tersebut selama 6 minggu oleh uskup setempat. Mereka berdua harus berusaha untuk menyelesaikan masalah mereka dengan berbicara berdua selama dikurung.

Ruangannya terbilang cukup kecil dan berisikan satu meja, ranjang, bantal bahkan selimut. Semua perabotan ini harus dibagi, mau tak mau para pasangan harus berbagi selama 6 minggu.

“Berkat bangunan yang diberkati ini, dalam 300 tahun Biertan hanya memiliki satu perceraian,” kata Ulf Ziegler, pastor Biertan kepada BBC.

Saat ini, bangunan pernjara sudah dijadikan sebagai museum. Namun, ruangan pernjara tersebut masih menyimpan perabotan lama sebagai pengingat dari fungsi ruangan ini.

Pasangan mana pun yang ingin bercerai, bisa datang ke desa ini dan berbicara kepada uskup tentang masalah pernikahan mereka.

Mereka yang masih ingin berjuang dalam pernikahan tak segan-segan untuk menggunakan penjara perkawinan ini sebagai solusi untuk mencegah perceraian.

 

Katoliknews/DetikTravel/BBC

 

Tulisan diambil dari DetikTravel yang sebelumnya telah  dipublikasikan BBC.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here