Pengurus PMKAJ US Saat Mengadakan Rapat Kerja pada 15 Juli 2017 lalu. (Foto: Instagram PMKAJ US).

Jakarta, Katoliknews.com – Mahasiswa Katolik dari Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta Unit Selatan (PMKAJ US) akan menggelar kegiatan Gerakan Kepedulian Sosial dan Tinggal Bersama Masyarakat (Gelora) di Desa Boro, Kulon Progo, Jogyakarta, dari 12 sampai 16 Agustus 2017 mendatang.

PMKAJ US adalah kumpulan mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta Selatan, dan beberapa dari Jawa Barat dan sekitarnya.

“Gelora merupakan rutin yang digelar 2 tahun sekali. Fokus kegiatan adalah kegiatan sosial yang diimplementasikan dengan mengabdi (masyarakat),” ujar Niko Dharmawan, koordinator PMKAJ US kepada Katoliknews, Rabu, 26 Juli 2017.

Dalam agenda panita, jelasnya, memang cukup singkat dan sederhana. Waktunya kegiatan kurang lebih 5 hari. Tapi, mahasiswa diajak untuk telibat penuh dalam setiap dinamika kehidupan masyarakat.

“4 hari kita tinggal bersama masyarakat yang hidupnya tidak berkecukupan bahkan bisa di bilang kekurangan, merasakan apa yang mereka rasakan,” ucapnya.

Lalu 1 hari sisanya, digunakan untuk melaksanakan kegitan seperti mengajar dan mengadakan pasar murah serta memperbaiki infrastruktur.

Baca juga: Gelar Natal dan Tahun Baru Bersama, Mahasiswa Katolik Se-Jakarta Selatan Usung Semangat Kebhinekaan

Niko berharap, kegiatan ini memberikan makna kepada setiap peserta yang nantinya akan ikut sebagaimana yang dirasakan peserta yang ikut dalam Gelora sebelumnya.

Sampai saat ini, lanjutnya, jumlah peserta terdaftar sekitar 50-an orang dan, masih terbuka lowongan bagi setiap mahasiswa yang ikut sehingga lebih banyak lagi yang terlibat.

“Kegiatan ini menurut saya cukup bermakna, banyak output yang baik dari kegiatan ini, (seperti) Gelora 2 tahun lalu (2015), yang maknanya cukup terasa bagi pesertanya.,” tuturnya.

“Mungkin ini bukan kegiatan yang konsentrasinya pada kerohanian. Namun saya rasa kegiatan ini cukup mengolah iman karena secara tidak sengaja kita diajak untuk lebih memaknai hidup dan tentunya lebih bersyukur,” ucap mahasiswa Universitas Gunadarma tersebut.

Selain kegitan ini, PMKAJ US juga memiliki berbagai agenda tahuna yang wajib digelar. Misalnya Cup, yaitu perlombaan berbagai cabang olahraga antar kampus.

Lalu, ada Aksi Sosial serta Napak Tilas yang digelar setiap malam Kamis Putih degan berjalan kaki dari Wisma Yesuit di Margonda, Depok, yang merupakan sekretariat PMKAJ US menuju Katedral Jakarta.

j-aR/Katoliknews