Para Uskup di India saat temui presiden Ram Nath Kovind. (Foto: ucanews.com).

Katoliknews.com – Sejumlah uskup di India temui presiden yang baru terpilih, Ram Nath Kovind di istana presiden Rashrapati Bhavan, New Delhi pada Kamis, 24 Agustus 2017 untuk menyampaikan karya sosial bidang yaitu pendidikan dan kesehatan umat Katolik di negara itu.

Kardinal Baselios Cleemis, ketua konferensi para uskup Katolik India yang memimpin delegasi. Ia hadir bersama dua kardinal dan lima uskup lainnya serta semua pejabat konferensi.

“Itu adalah kunjungan kehormatan,” kata Kardinal Cleemis seperti dilansir ucanews.com, Senin 28 Agustus 2017 yang menjelaskan bahwa sudah menjadi kebiasaan bagi para pemimpin gereja untuk mengunjungi presiden dan perdana menteri yang baru terpilih atas nama komunitas Katolik di negara tersebut.

“Pertemuan ini membantu menghadirkan identitas kami,” kata kardinal itu.

Ia menambahkan bahwa sebagai pemimpin delegasi, ia berbicara untuk membiasakan presiden dengan “layanan luar biasa” yang dilakukan oleh 19 juta gereja Katolik di negara ini.

“Kami minoritas, tapi layanan kami di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan, terutama di desa-desa merupakan yang terbesar di sektor swasta, kedua setelah pemerintah, kata Kardinal Cleemis. “Presiden sangat menghargai hal ini,” katanya.

Umat ​​Katolik membentuk 1,5 persen dari 1,2 miliar penduduk India dan merupakan kelompok Kristen terbesar di negara itu di mana 2,3 persen beragama Kristen.

Kovind dilantik sebagai presiden ke-14 India pada 25 Juli. Dia dinominasikan oleh sebuah koalisi yang dipimpin oleh Partai Bharatiya Janata yang pro-Hindu (BJP) yang mengatur pemerintahan federal dan berbagai negara bagian di India. Posisi presiden India sebagian besar bersifat seremonial.

j-aR/Katoliknews

 

 

Komentar