Paus Fransiskus Kena Benturan Ringan Saat Menyapa Jemaah di Kolombia

oleh
Paus Francis tiba dengan 'popemobile' (kendaraan anti peluru dengan area pandang yang tinggi yang digunakan oleh Paus dalam kunjungan resmi) sebelum memimpin misa di pelabuhan Contecar, Cartagena, Kolombia, Minggu (10/9/2017). (Foto: REUTERS/Stefano Rellandini).

Katoliknews.com – Paus Fransiskus mengalami luka gores pada bagian alis dan darah mengenai jubah putih yang ia kenakan karena kepalanya membentur tiang jendela pada kendaraan khusus Popemobile saat melambaikan tangan ke arah jemaah dalam sebuah prosesi di Kolombia, Minggu 10 September 2017.

Insiden kecil itu terjadi saat Paus Fransiskus (80) berdiri di atas Popemobile dalam prosesi di kota pesisir Karibia Cartagena, namun kendaraan tersebut mengerem mendadak saat ia sedang berdiri melambaikan tangan.

Gambar-gambar yang ditayangkan di televisi menunjukkan pemimpin Gereja Katolik asal Argentina tersebut menabrak tiang jendela kaca Popemobile kemudian langsung memperoleh pertolongan dari pengawal pribadinya.

Pipi paus tampak memar dan plester disematkan di alisnya, tetapi ia masih tetap tersenyum.

“Saya terkena pukulan,” ujar paus sambil berguyon kepada awak media seperti dilansir AFP, Senin.

Juru bicara Vatikan, Gred Burke, menuturkan kepada media “Paus baik-baik saja. Luka sudah dikompres dengan es dan beliau memperoleh perawatan. Beliau akan melanjutkan kunjungan sesuai jadwal tanpa ada perubahan.”

Paus Fransiskus berada di Cartagena pada hari terakhir kunjungan ke empat kota di Kolombia. Ia dijadwalkan kembali ke Roma pada Minggu malam waktu setempat, demikian AFP.

Antaranews/j-aR/Katoliknews