Paus Fransiskus Tunjuk Mgr Piero Pioppo Sebagai Dubes Vatikan Untuk Indonesia  

oleh
Mgr Piero Pippo (kanan), Duta Besar Vatikan untuk Indonesia yang baru.

Katoliknews.com –  Paus Fransiskus telah menunjuk Piero Pioppo, Uskup Agung Tituler Torcello, sebelumnya Nunsius Apostolik untuk Kamerun dan Equatorial Guinea, sebagai Nunsius Apostolik atau Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia.

Pengumuman pengangkatannya sebagai Nunzio untuk Indonesia dipublikasikan di Radio Vaticana Seperti yang dikutip sesawi.net 8 September 2017.

Piero Pippo lahir di kota Savona, Italia 29 September 1960. Ia menerima Tahbisan Imam pada 29 Juni 1985, dengan spesialisasi pendidikan Teologi Dogmatik.

Beliau menerima tahbisan imamatnya pada tanggal 29 Juni 1985 dan tahbisan episkopatnya pada tanggal 18 Maret 2010.

Mgr. Piero Pioppo mengisi pos jabatan dan tanggungjawab Nuntio Vatikan di Indonesia yang bulan Juli 2017 lalu telah ditinggalkan oleh Mgr. Antonio Guido Filipazzi.

Mulai menggelut bidang diplomatic Vatikan tahun 1993. Sebelum berkarya di Kamerun, Mgr. Piero pernah bertugas di Korea, Cile dan mengambil bagian dalam tugas sekretaris Negara Vatikan.

Uskup yang mahir dalam bahasa Prancis, Inggris dan Spanyol ini, akan tiba di Indonesia sebelum masa sidang tahunan para uskup Indonesia 6- 16 November 2017.

j-aR/Katoliknews