37 Uskup Siap Hadiri Tahbisan Uskup Pangkalpinang

by
Tampak Romo Pramodo sebagai Ketua Panitia Pentahbisan sedang berkoordinasi dengan pemko Pangkalpinang

Katoliknews.com-Tahbisan uskup baru di Keuskupan Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM menurut rencana akan dihadiri 37 uskup dari seluruh Indonesia.

“Sebanyak 37 uskup rencananya akan hadir dan delapan dari 10 uskup emeritus juga sedianya akan hadir,” ungkap Ketua Panitia Tahbisan, RD Pramodo dibenarkan Wakil Ketua Hans K Jeharut saat rapat pemantapan jamuan makan malam di Ruang Pertemuan Walikota Pangkalpinang, Senin 11 September 2017, sore tadi.

Pada kesempatan tersebut, ketua dan wakil ketua menjelaskan kepada asisiten wakil bidang pemerintahan dan kesra Kota Pangkalpinang, Suparyono yang menjadi pimpinan rapat.

Rangkaian acara sedianya akan dimulai Jumat (22/9/2017) sore dengan Salve Agung di Gereja Bernadeth, dilanjutkan jamuan makan malam di rumah dinas Walikota Pangkalpinang. Keesokan harinya, Sabtu (23/9/2017), tahbisan uskup akan berlangsung di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang tepat pukul 10 WIB.

“Malam harinya  akan digelar jamuan makan malam Mgr Adrianus Sunarko OFM dan tim, bersama unsur muspida Provinsi Bangka Belitung,” ujar RD Pramodo.

Pada Minggu (24/9/2017) pagi, misa perdana di Katedral St Yosef, Pangkalpinang akan dipimpin langsung oleh pemimpin tertinggi Katolik tertinggi se-Bangka Belitung dan Kepulauan Riau  yang baru ditahbiskan ini.

Seluruh rangkaian acara akan dikolabirasikan dengan budaya setempat.

“Akan ada tarian Melayu dan barong, juga motif cual khas Bangka untuk kasula Uskup saat tahbisan. Selain itu, saat tahbisan ada empat lagu akan dinyanyikan dengan gaya Melayu sebagai apresiasi inkulturasi budaya di mana Bangka Belitung dikenal dengan keragaman budaya yang ada,” imbuh RD Pramodo. (fy)