Besok, Mgr Adrianus Sunarko OFM Dithabiskan Jadi Uskup Pangkalpinang  

oleh
Mgr Adrianus Sunarko OFM

Pangkalpinang, Katoliknews.com – Umat Katolik Keuskupan Pangkalpinang yang meliputi Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Riau-Kepri akan merayakan peristiwa iman pentahbisan Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko, OFM.

Kegiatan tahbisan akan dipusatkan di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Sabtu 23 September 2017 mulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebanyak 12.000 umat diperkirakan akan memadati stadion untuk mengikuti secara langsung peristiwa iman tahbisan Pimpinan Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang.

Rangkaian perayaan akan menampilkan budaya melayu mulai dari lagu yang bergaya melayu, busana uskup bermotig cual bangka, panggung atau altar utama bergaya melayu.

Ketua Umum Panitia Tahbisan, Pastor Agustinus Dwi Pramodo menjelaskan bahwa segala bentuk persiapan sudah dilakukan.

Karena itu, dirinya mengajak seluruh umat katolik dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama menyukseskan perayaan tahbisan uskup Pangkalpinang.

“Ini peristiwa iman umat Katolik di Provinsi Bangka Belitung dan Riau. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemerintah Provinsi, Kota Pangkalpinang dan kabupaten lainnya, dukungan pihak kepolisian, TNI dan seluruh elemen masyarakat selama masa persiapan. Tinggal hitungan hari acara tahbisan akan dilakukan. Karena itu, mari kita bersama mendoakan, bekerja bersama menyukseskan perayaan peristiwa iman tahbisan uskup Pangkalpinang,” ungkap Pastor Pramodo, Selasa 19 September 2017.

Pastor Pramodo juga memohon pengertian dari seluruh masyarakat yang mungkin akan terganggu arus lalu lintas di beberapa lokasi perayaan seperti Stadioan Depati Amir, Gereja Katolik Bernadeth, Gereja Katolik Katedral Pangkalpinang.

“Kami panitia meminta pengertian dari seluruh masyarakat yang mungkin arus lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan akan terganggu. Kami mohon dukungan dan doanya, semoga semuanya berjalan lancar dan penuh hikmad,” harap Pastor Pramodo.

Lebih lanjut Pastor Pramodo menegaskan bahwa semua umat katolik diundang dan diajak untuk mengikuti perayaan tahbisan Uskup Pangkalpinang.

“Semua umat diundang untuk mengikuti kegiatan Salve Agung, Perayaan Tahbisan dan Misa Perdana Bapak Uskup. Karena itu, diharapkan umat untuk mengikuti semua petunjuk dan arahan yang sudah disampaikan kepada masing-masing komunitas basis dan paroki. Sekali lagi mari kita berdoa bersama, bekerja bersama agar acara tahbisan uskup berjalan lancar , memberikan peneguhan iman bagi umat,” harap Pastor Pramodo.

Kegiatan tahbisan akan dihadiri duta vatikan, 37 uskup, 8 uskup emeritus, 200 pastor konselebran, 100 biarawati, 700 anggota paduan suara, 200 orang penari dan atraksi barongsai.

Sumber: Tribunnews.com