, , ,

25 Tahun Imamat Bukan Soal Waktu

by
Mgr. Adrianus Sunarko OFM (Kiri), Uskup Keuskupan Pangkalpinang. (Foto: Dok).

PANGKALPINANG – Uskup Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko, OFM memimpin perayaan ekaristi perak imamat Romo Vincent Tamba Pr di Paroki Santa Bernadeth Pangkalpinang, Rabu 18 Oktober 2017.

Dalam homilinya, Uskup Sunarko menegaskan, perjalanan 25 tahun imamat bukan soal waktu saja. “Tapi bagaimana penghayatan terhadap rahmat imamat itu diwujudkan lewat pelayanan yang total dan penuh cinta kasih,” kata Uskup Sunarko.

Menurut Uskup, pemberian diri dan kerelaan hati itulah yang diminta Tuhan dari umatnya.

“Kehadiran kita hendaknya berarti bagi sesama. Tidak pernah kita begitu miskin sehingga kita tidak bisa berbagi apa-apa,” jelasnya.

Monsegniur Sunarko lantas menyampaikan terimakasih kepada Romo Vincent lewat pemberian dirinya sebagai imam selama 25 tahun yang tentunya telah berhasil dilewati dengan pengalaman jatuh dan bangun.

Uskup yang baru saja ditahbiskan pada 23 September itu berharap, semoga umat Keuskupan Pangkalpinang baik sebagai klerus, biarawan-biarawati maupun umat dapat semakin menghayati panggilan masing-masing dengan cinta kasih.

Uskup Fransiskan tersebut mengakhiri homilinya sembari mendeskripsikan eksistensi manusia yang selalu terjebak oleh waktu.

“Waktu itu terasa sangat lama bagi yang sedang menanti sesuatu. Waktu itu terasa sangat cepat bagi mereka yang takut & gelisah.

Waktu itu sangat lama bagi mereka yang susah dan sedih. Waktu itu sangat singkat bagi yang bersukacita.

Namun bagi mereka yang PENUH CINTA, waktu merupakan keabadian,” tutupnya.

SH Lopis/Katoliknews