Rapimnas II Pemuda Katolik Akan Digelar di Bogor-Jawa Barat

51

JAKARTA – Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik periode 2015-2018 kembali akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang ke-2 pada tanggal 27-29 Oktober 2017 di Bogor – Jawa Barat.

Sesuai dengan amanat hasil Kongres XVI Pemuda Katolik tahun 2015 di Batam, Rapimnas diselenggarakan dua kali untuk satu periode kepengurusan.

“Rapimnas diselenggarakan untuk menyusun dan menetapkan kebijakan organisasi terkait perjalanan organisasi,” kata Christopher Nugroho Sekertaris Jendral PP Pemuda Katolik, Jumat, (20/10/2017).

Tema Rapimnas II Pemuda Katolik 2017 adalah “Konsolidasi dan Kaderisasi Organisasi untuk Mewujudkan Kader yang 100% Katolik dan 100% Indonesia”

Adapun peserta yang hadir dalam Rapimnas II ini adalah oleh Ketua & Sekretaris Komisariat Daerah seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

“Rapimnas II akan mengevaluasi pelaksanaan sejumlah program nasional Pemuda Katolik, khususnya program Konsolidasi Organisasi dan Kaderisasi di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurut Christopher, paradigma baru Pemuda Katolik adalah memposisikan komisariat di tingkat kabupaten atau kota (Komcab) yang merupakan pengurus di level paling bawah sebagai barisan terdepan organisasi.

“Pengurus Pusat dan Komda (Provinsi) berperan dalam membangun jejaring dan supporting system,” jelasnya.

Saat ini, jelas Christopher, Pemuda Katolik terus berupaya membentuk dan merevitalisasi kepengurusan di 34 Provinsi dan lebih dari 200 Komcab. Pada akhir tahun 2018 diperkirakan akan dapat dibentuk sekitar 1000 pengurus kecamatan dan 5000 pengurus tingkat desa.

“Dengan program perekrutan Anggota yang rutin dilakukan oleh Komcab dan Komda di seluruh Indonesia, Pemuda Katolik akan mampu merekrut sekitar 10.000 Anggota setiap tahun,” katanya.

Selain merespon implementasi Undang-Undang Desa, kata Christopher, kehadiran Pemuda Katolik di tingkat desa bertujuan untuk membangun dialog dan kerjasama dengan pemuda lintas agama/profesi.

“Pemuda Katolik ingin mengambil peran aktif dalam membumikan Pancasila di tingkat akar rumput,” lanjutnya.

Menurut Chris, dalam agenda Rapimnas II ini, peserta akan berdiskusi dengan sejumlah narasumber dan membahas isu-isu aktual. Selanjutnya, forum Rapimnas II akan merumuskan dan menyampaikan pandangan dan sikap Pemuda Katolik terkait kondisi terkini dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan.

Saat ini, ujarnya, panitia sedang terus bekerja mempersiapkan pelaksanaan Rapimnas II.

“Kami mengharapkan dukungan dari Monsinyur, Romo, Bapak, Ibu dan Rekan-Rekan agar seluruh persiapan dan pelaksanaan kegiatan Rapimnas II dapat berjalan lancar dan sukses, serta bermanfaat bagi umat dan masyarakat,” harapnya.

j-aR/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here