Paus Fransiskus Mengaku Pernah Tertidur Saat Doa

by

VATIKAN – Paus Fransiskus mengaku jika dirinya sesekali tertidur saat tengah memanjatkan doa. 

Paus berkebangsaan Argentina itu mengatakan, hal itu sangat wajar. Bahkan dia menyebut para santo dan orang-orang kudus juga mengalaminya. 

“Ketika sedang berdoa, terkadang saya sampai tertidur,” ujar Paus dalam sebuah episode terbaru program acara televisi berjudul Catholic TV2000 yang baru saja diunggah di Youtube, Selasa (31/10/2017).

“Santa Theresa kadang melakukannya juga,” tambah Paus dengan menyebut biarawati Perancis di abad ke-19 itu sebagai contoh.

Pemimpin Gereja Katholik Roma berusia 80 tahun ini memang selalu tampak bersemangat dan antusias saat bertemu dengan orang-orang.

Namun, pada saat memanjatkan doa dan beribadah, ekspresinya akan berubah sangat serius dengan membungkukkan kepala dan menutup mata dalam waktu yang lama.

Paus mengatakan sangat menjaga waktu tidurnya, yakni dengan sudah berada di tempat tidurnya pada pukul 21.00 setiap harinya, dan sudah akan terjaga pukul 04.00.

“Menjalani agenda kegiatan yang cepat mungkin dilakukan Paus karena dia dapat menyempatkan tidur sejenak setelah waktu makan siang,” demikian sumber dari Vatikan seperti diberitakan The Guardian.

Sumber: Kompas.com