Putra Koster Katedral Pangkalpinang, Ditahbiskan Mgr Sunarko OFM Menjadi Diakon

64
Diakon Martinus Handoko (kiri), Mgr Adrianus Sunarko OFM (tengah), Diakon Martinus Untung Sinaga (kanan). (Foto : dok imam papin)

Katoliknews.com—Umat Keuskupan Pangkalpinang, khususnya umat Paroki  Katedral St Yosep Pangkalpinang terlihat begitu bersukacita.  Pasalnya, Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM menahbiskan dua orang Diakon di gereja itu, yakni Diakon Antonius Untung Sinaga dan Diakon Martinus Handoko.

Dan lebih menarik lagi, Subekti, salah seorang umat Katedral dalam kata sambutannya menyatakan bahwa umat Katedral begitu bangga dan bersukacita karena  salah seorang  diakon itu adalah putra tunggal dari koster di gereja tersebut.

Dialah  Diakon Martinus Handoko. Diakon ini adalah putra tunggal Mas Trimo. Pria bernama lengkap Matius Trimo ini, telah puluhan tahun mengabdikan diri sebagai koster di Gereja Katedral St Yoseph Pangkalpinang.

“Umat Katedral begitu bangga dan bersukacita, karena salah satu daikon yang ditahbiskan adalah putra tungga dari koster di Gereja Katedral St Yoseph ini,” ungkap Bekti. “Tidak sia-sia, pak Trimo membersihkan gereja dan mempersiapkan liturgi di sakristi selama puluhan tahun,” imbuhnya.

Pesan Uskup, Jangan Lupa Orang Miskin dan Menderita  

Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM mengingatkan calon imam dan imam di  Keuskupan “seribu pulau” itu untuk tidak lupa akan orang miskin dan menderita.  “Kepada kita  semua, terutama, dua calon diakon ini, ingatlah akan orang miskin dan menderita,” pesan Mgr  Adrianus Sunarko OFM, di Gereja St Yoseph Katedral Pangkalpinang, Minggu 4 Februari 2018.

Kepada kedua  frater yang ditahbiskan, Mgr Narko mengingatkan agar sebagai seorang daikon harus menerapkan  spritualitas hamba dalam melayani, bukan gaya otoriter.

Selain itu, Uskup kelahiran Marauke ini, berpesan agar diakon Handoko dan diakon Untung tetap mencontohi Yesus yang bangun pagi-pagi dan berdoa. “Jagalah kesucian dengan bangun pagi-pagi dan berdoa,” ungkap Mgr Sunarko OFM.

Untuk itu, menurut Uskup Pangkalpinang ini lagi, umat juga harus menjaga daikon nya. “Sebaiknya umat juga menjaga kesucian para daikon ini,” imbuh mantan Provinsial OFM ini.

Sedangkan dalam kesan pesannya, Diakon Untung memaknai peristiwa tahbisan diakonatnya sebagai peristiwa yang menggetarkan. Menyambung kesan temannya, Diakon Handoko berharap, agar umat tetap mendoakan mereka berdua agar mereka setia dalam panggilan. “Kami berharap agar umat juga mendoakan kami, agar kami tetap setia,” pungkas Diakon Handoko.

Stefan/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here