Para Frater BHK Rayakan 90 Tahun Usia Kongregasi Mereka di Indonesia

by
Pastor Cyriakus Ndolu O.Carm didampingi Pastor Willy Boy,Pr dan Pastor Edgar,RCJ dalam Misa Syukur 90 tahun kehadiran Kongregasi Frater BHK di Indonesia yang diadakan di Maumere, 2 Februari 2018. (Foto: Amorpost.com).

Katoliknews.com – Para Frater BHK St Yosef Maumere bersama dua unit karya SMPK dan SMAK Frateran Maumere menggelar Misa Syukur 90 tahun karya Kongregasi BHK di Indonesia yang diadakan di Aula Mardiwiyata Maumere, Nusa Tenggara Timur  pada Jumat, 2 Februari 2018.

Misa syukur dengan tema “Dalam Kegembiraan, Syukur serta Pengharapan Kami Berziarah Pada  Bunda Hati Kudus Menyongsong Hari Depan” ini dipimpin oleh Pastor Cyriakus Ndolu O.Carm, didampingi Pastor Willy Boy Pr dan Pastor Edgar RCJ.

“Mereka ini sudah dikhususkan untuk Allah. Para Frater BHK ini bagaikan Boneka India boleh dipandang tapi jangan diraba,” ungkap Pastor Cyriakus dalam Kotbahnya, sebagaimana dilansir Amorpost.com, Rabu (7/2/2018).

Menurut tradisi kuno, lanjut dia, kaum religius sebagai pelaku hidup bakti hanya melihat dan mengabdi Allah semata-mata.

“Mari kita semua yang ada di sini mendoakan mereka agar tetap setia pada panggilan mereka dan tidak tergoda pada hal-hal duniawi, khususnya saat mereka telah mengikrarkan kaul kekal,” kata Biarawan Karmel ini.

 

Sementara itu, Pimpinan Biara BHK St  Yosef Maumere Frater M Herman, BHK pada dalam sambutannya mengisahkan awal mula kehadiran Frater BHK asal Belanda di Indonesia pada tahun 1928.

“Pusatnya ada di Malang, Jawa Timur. Kemudian pada tahun 1945-1958 Kongregasi Frater BHK melebarkan sayapnya ke Nusa Tenggara Timur di Kupang, Ndao Ende, SGB Ndona Ende, Maumere, Hokeng dan Podor Larantuka,” kata dia.

Biarawan asal Lembata, Nusa Tenggara Timur ini juga pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Kongregasi akan mengadakan Kapitel Provinsi maupun Kapitel Umum .

“Dua sekolah dan orang tua kami sangat harapkan doanya agar kapitel ini dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus (BHK) didirikan Uskup Utrecht Belanda, Mgr Andreas Ignatius Schaepman pada tanggal 13 Agustus 1873.

 

Katoliknews