OMK Keuskupan Ruteng Gelar Seminar Lawan HIV/AIDS Dan Narkoba

by
Foto: Antara Kalteng

Katoliknews.com – Orang Muda Katolik (OMK) Se-Keuskupan Ruteng menggelar seminar melawan narkoba dan HIV/ AIDS di Aula Paroki Kristus Raja Ruteng, Keuskupan Ruteng pada Jumat, 16 Februari 2018.

Dilansir PosKupang.com  pada Minggu (18/2), tiga narasumber utama tampil sebagai pemateri yakni dr. Habel Laturake dari Ikatan Dokter Indonesia ( IDI), dosen dari Stipas St Srilus Ruteng dan Romo Nando Mayus Pr, Pastor Paroki Kristus Raja.

Romanus Gere, Ketua OMK Paroki Kristus Raja Ruteng mengatakan  Orang Muda Katolik (OMK) Se-Keuskupan Ruteng menggelar seminar melawan narkoba dan HIV AIDS karena masa depan gereja dan bangsa ada di tangan kaum muda, jadi hal-hal buruk seperti HIV/AIDS dan Narkoba harus dihindari.

“Seminar digelar dalam rangka menyongsong paskah serta sebagai bentuk pembangunan persatuan dan kerukunan antar pemuda beda agama Manggarai,” kata dia.

Romanus mengatakan, pemuda mesti mengetahui penyebab terjadinya HIV/ AIDS dan perilaku-perilaku yang menyebabakan resiko tinggi terkena penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya tersebut.

“Dengan demikian orang muda tidak terjerumus dalam kegiatan maupun tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, keluarga dan lingkungan,” kata dia.

‬‪HIV/ AIDS dan narkoba, lanjut Romanus, adalah beberapa isu sentral yang menghancurkan masa depan generasi muda.

“Seminar bertemakan seperti narkoba dan HIV AIDS sangat penting untuk mengingatkan orang muda agar tidak jatuh dalam penyalahgunaan narkoba serta seks bebas yang bisa mengakibatkan pemuda terjangkit tersebut,” kata dia.

Ia mengungkapkan, selain seminar juga dilaksanakan kegiatan chek darah bagi peserta seminar yang hadir di Aula Paroki Kristus Raja.

 

 

Katoliknews