Tarian Khas Manggarai Iringi Penggalangan Dana Pembangunan Gereja Di Jayapura

52
Tari Caci, Khas Daerah Manggarai, Nusa Tenggara Timur (Foto: Bisnis Wisata).

Katoliknews.com – Salah satu tarian khas dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu tarian Caci yang berasal dari daerah Manggarai dipertontonkan saat penggalangan dana pembangunan gereja Santo Agustinus Entrop, Kota Jayapura, Papua, pada Minggu, 18 Februari 2018.

Dilansir Pasificpos.com pada Minggu (18/2), tarian ini dipentaskan untuk menghibur penonton, diantaranya Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, Ketua Umum Flobamora di Kota Jayapura, Sulaeman L. Hamzah, dan tamu undangan.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, yang juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan gereja memuji kreatifitas yang telah ditunjukkan Umat Katolik setempat.

“Semua rumah-rumah ibadah di kota ini, Pemerintah Kota Jayapura respon dan dukung. Tarian budaya yang sudah ditampilkan adalah talenta yang sudah diberikan Tuhan,” kata dia.

Benhur berpesan agar umat Katolik di Kota Jayapura terus menjaga kerukunan dan saling mendukung agar menjadi berkat di lingkungan Paroki masing-masing.

Sementara itu, Ketua Umum Flobamora di Kota Jayapura, Sulaeman L. Hamzah mengatakan masyarakat Flobamora tampil lebih depan karena kebiasaan bergotong-royong walaupun berbeda kepercayaan.

“Itulah budaya di kampung halaman kami bawa di sini (Kota Jayapura). Kami berharap pembangunan gereja Santo Agustinus Entrop ini cepat selesai,” kata Sulaeman.

Selain tarian Caci, ada beberapa tarian khas yang juga dipertunjukkan dalam momen tersebut, seperti tari Pa’gellu asal Toraja yang biasanya dipentaskan dalam rangkaian upacara-upacara adat dan tarian dari daerah Lamaholot, yaitu  tari seleng, tari tenun, dan tari perang.

 

Katoliknews  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here