Bayu Akan Diberi Gelar Pahlawan Kemanusiaan

by
Aloysius Bayu Rendra Wardhana. (Foto: Facebook.com)

Aloysius Bayu Rendra Wardhana, pemuda yang menghadang pembom bunuh diri memasuki Gereja St Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya akan mendapat gelar sebagai pahlawan kemanusiaan dari Pemerintah Kota Surabaya.

Rencananya, penghargaan diberikan pada Hari Ulang Tahun Ke-725 Surabaya, 31 Mei mendatang.

’Yang sudah pasti (mendapat gelar itu adalah) Bayu,” kata Kabag Kesra Pemkot Surabaya. “Ada banyak usulan agar Yesaya juga dapat,’’ lanjutnya.

Bayu dan Yesa berjasa menghadang teroris yang hendak merangsek ke gereja. Tanpa keduanya, korban bom sangat mungkin akan jatuh lebih banyak.

Tubuh Bayu hancur seketika. Koordinator relawan keamanan Gereja SMTB itu meninggalkan seorang istri dan dua buah hati yang masih balita.

Aksi heroik juga dilakukan Yesaya Bayang, petugas keamanan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro. Dia memegangi pelaku bom bunuh diri sehingga tak ada korban jiwa. Kondisinya kini masih kritis dan dirawat di RSAL dr Ramelan.

Imam menerangkan, penghargaan diperuntukkan bagi mereka yang berhasil menyelamatkan nyawa orang lain dalam serangan teror bom itu. Pihaknya kini menelusuri seluruh cerita sehingga tidak tertutup kemungkinan ada orang lain lagi yang juga menerima penghargaan.

Sebelumnya pemkot belum pernah memberikan penghargaan pahlawan kemanusiaan tersebut.

 

Ari D