Menghidupi 9 Kesadaran Ekologis

200
Para staf Ekopastoral Fransiskan bersama umat berdoa di mata air di Kampung Lamba, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai - Flores. (Foto: JPIC-OFM Indonesia)

Tampaknya tidak cukup jika kita hanya mempraktekkan tiga kesadaran ekologis yang sering disingkat dengan 3 R, yakni  reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Dilansir dari Jpicofmindonesia.org, R-nya mesti sembilan (9R). Apa saja keenam R lainnya? Berikut penjelasannya:

1. RETHINK: Berpikir kembali mengevaluasi gaya hidup menuju yg lebih sederhana, tidak serakah, hemat, peduli lingkungan, tidak mudah membuang, dll. Contoh: menghindari produk bukan organik karena pupuk dan pestisida kimia sintetis meracuni tanah, air, dan udara.

2. REFUSE: menolak apa yang akan jadi sampah, menolak gaya hidup yang boros dan tak peduli, dll. Contoh : menolak makan daging dari industri krn menyebabkan pemanasan global atau menolak membeli makanan dan minuman dalam kemasan sekali pakai.

3. REDUCE: mengurangi adalah semua bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contoh : mengurangi membeli barang baru dari sudut jumlah dan macamnya.

4. REUSE: memanfaatkan ulang yaitu menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan, untuk tujuan yang sama atau berbeda dari tujuan asalnya. Contoh : kaleng bekas minuman digunakan sebagai tempat pensil, kotak sepatu digunakan untuk membungkus kado

5. RECYCLE : mengolah kembali yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Kertas daur ulang dan kompos merupakan contoh hasil kegiatan recycle.

6. REPLACE: mengganti dengan bahan yang bisa dipakai ulang adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifat sukar diolah dan berbahaya. Contoh : mengganti kebiasaan memakai kantong plastik dengan kertas atau daun.

7. REPLANT: kegiatan melakukan penanaman kembali bahan yang kita pakai. Contoh : menanam pohon keras atau bambu yang kayu atau bambunya sdh kita pakai.

8. REFILL: membiasakan belanja dengan menggunakan wadah yang bisa diisi ulang. Contoh : membeli gula atau minyak goreng curah dengan membawa wadah sendiri.

9. REPAIR: melakukan pemeliharaan atau perawatan barang agar tidak dibuang dan beli yang baru. Contoh : sepatu lama atau handphone rusak diperbaiki lagi.

Komentar