Uskup Agung Kupang Bilang Antar Umat Beragama Tidak Boleh Saling Curiga

50

Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang, Pr mengatakan, sebagai sesama umat beragama tidak boleh saling menaruh curiga antara agama yang satu dengan agama yang lain dalam kehidupan bersama.

” Dalam situasi dimana kita juga sering kali merasa tergoncang oleh perbuatan-perbuatan dari sesama warga yang tidak bertanggung jawab, kita yang mempunyai akal budi yang baik agar kita tidak membangun saling curiga diantara kita,” katanya.

Baca: Pelintas Jalan Ahmad Yani Harus Menunggu 270 Hari Lewati Jembatan Nangameting

Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr. menjelaskan, sebagai sesama umat beragama harus saling menaruh kepercayaan satu dengan yang lain. Dengan membangun kepercayaan, setiap orang dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.

” Kita harus percaya satu sama lain agar dapat membangun lingkungan dimana setiap orang memberikan partisipasinya untuk kebersamaan berdasarkan nilai-nilai yang dianug oleh bangsa kita, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr. menghimbau, bilamana ada kenyataan-kenyataan atau tindakan-tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab jangan itu dikaitkan dengan kehidupan keagamaan.

Menurut Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr, orang yang melakukan perbuatan kejahatan terhadap seperti sesama seperti aksi terorisme adalah orang yang tidak beragama.

” Artinya orang yang tidak mempunyai hati nurani untuk membangun dan berbagi tentang kebaikan Tuhan dalam perjalanan kehidupan didunia ini,” tegas Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr.

Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr mengharapkan, agar sesama umat bergama tidak saling curiga satu sama lain, namun membangun kepercayaan satu sama lain dan mengupagakan agar kenyataan-kenyataan yang membuat ancaman kita serahkan kepada pihak yang berwajib.

” Bilamana ada kenyataan-kenyataan yang membuat ancaman, kita serahkan kepada pemerintah terutama bagi mereka yang mempunyai tugas pengamanan bagia masyarakat kita,” tambah Uskup Mgr. Petrus Turang, Pr

Sumber: Pos Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here