Bupati Hadiri Sholat Idul Fitri yang Berlangsung di Depan Gereja Katolik Makale

138

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, menghadiri Sholat Idul Fitri 1439 Hijriah bersama ribuan umat muslim di Makale, Jumat, 15 Juni 2018.

Sholat Idul Fitri yang dihadiri ribuan umat muslim Tana Toraja ini berlangsung di Pasar Seni Makale, yang berhadapan langsung dengan gereja Katolik Makale. Hampir tiap tahun, umat muslim kota Makale merayakan Sholad Id di tempat ini.

Dalam sambutannya, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, menekankan pentingnya saling mencintai, menghormati, dan berbagi kasih sayang di antara sesama warga Tana Toraja.

“Kasih sayang ini kita perlu refleksikan dalam hidup dan kehidupan kita. Di dalam berbagai acara-acara yang kita laksanakan. Di dalam pergaulan. Di dalam pemerintahan. Dan di dalam kehidupan bermasyarakat perlu kita hadirkan rasa kasih sayang itu,” tutur Nicodemus.

Nicodemus juga meminta umat muslim Tana Toraja ikut serta membangun daerahnya. Dia menyatakan umat muslim jangan segan-segan menegur pemerintah jika ada kebijakan atau keputusan yang salah.

“Saya dan Adinda saya Victor Datuan Batara, terbuka terhadap kritikan, demi kebaikan kita bersama,” katanya.

Nicodemus menegaskan bahwa pemerintah kabupaten Tana Toraja menjamin kebebasan beragama di Tana Toraja. “Sudah sering saya katakan, tidak boleh ada orang galau dalam menjalankan ibadah puasa. Dan alhamdulilah, tidak ada warga muslim Tana Toraja yang galau menjalankan ibadah puasa,” kata Nicodemus.

Di akhir sambutannya, Nicodemus mengajak seluruh umat beragama di Tana Toraja saling menghargai, saling memahami dan saling mencintai satu sama lain.

Sumber: Karebatoraja.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here