Peserta Pekan Kekerabatan XI TKK MNPK Tiba di Surabaya

315

Suasana di Sekolah St Yusuf Tropodo, Juanda, Surabaya tampak ramai pada Kamis malam, 28 Juni 2018. Nuansa sibuk sangat terasa. Ada yang merapikan perlengkapan, yang lain berdiskusi di lorong-lorong.

Di salah satu ruangan, belasan orang sibuk mengurus hal terkait administrasi. Ada juga yang duduk santai di kantin sekolah, sambil ngobrol dan menonton pertandingan sepak bola Piala Dunia.

Sekolah itu memang menjadi tempat transit, sekaligus istirahat untuk peserta dari berbagai daerah yang akan ikut dalam kegiatan Pekan Kekerabatan Nasional XI Tim Kerja Kepramukaan Majelis Nasional Pendidikan Katolik (TKK MNPK).

Para peserta yang mencapai 506 orang adalah peserta golongan penegak dan pandega dari gugus depan pramuka di MPK seluruh Indonesia. Jika di tambah pendamping dan panitia, totalnya mencapai 800-an orang.

Mereka tiba di Surabaya sejak Kamis siang. Ada juga yang baru tiba pada Jumat pagi.

Agustius Rudy Setiawa, Sekertaris TKK MNPK mengatakan, sejumlah MPK yang mengirim peserta antara lain MPK Keuskupan Agung Palembang, MPK Keuskupan Tanjungkarang, MPK Keuskupan Agung Jakarta, MPK Keuskupan Surabaya, MPK Keuskupan Bogor, MPK Keuskupan Bandung, MPK Keuskupan Puwokerto,  MPK Keuskupan Denpasar, MPK Keuskupan Agung Pontianak, MPK Keuskupan Agung Samarinda, Rintisan MPK Keuskupan Ketapang, PMK Keuskupan Palangkaraya,  MPK Keuskuan Malang, Rintisan MPK Keuskupan Merauke dan MPK Keuskupan Agung Ende.

Ada juga dari TKK BKS Daerah Istimiewa Yogyakarta,  TKK BKS Kedu dan TKK BKS Surakarta.

Ketua Presidium MNPK, Pastor Vinsensius Darmin Mbula OFM dan salah satu Anggota Presidium Pastor YAM Fridho Mulya, SCJ juga sudah tiba di Surabaya untuk ikut dalam kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 29 Juni sampai 4 Juli. MPK Keuskupan Surabaya yang menjadi panitia memilih tema Recovering to Success, rumusan yang diadopsi dari buku “ROVERING to SUCCESS” karya Lord Baden Powell (1922), yang menggambarkan peziarahan kaum muda (pandu) berjuang mengalahkan segala tantangan untuk menuju kebahagiaan hidup.

Romo Adrianus Akik Purwanto Pr, Ketua MPK Surabaya yang juga menjadi penasehat panitia untuk pekan kekerabatan ini mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting bagi pengembangan kepribadian dan karakter peserta, sebagaimana yang menjadi roh dari pramuka.

“Selama sepekan ini, mereka juga bisa saling belajar, berbagai pengalaman, mengenal satu sama lain. Apalagi, peserta ini datang dari beragam latar belakang daerah dan suku,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini mengambil konsep urban scouting, dimana peserta akan diajak mengenal heritage diSurabaya dan sekitarnya.

Lokasi yang akan dikunjungi mencapai 49 tempat, antara lain sejumlah gereja, masjid, klenteng, taman, warisan budaya dan sebagainya.

Perkemahan akan dilaksanakan di bumi perkemahan Pangkalan TNI-Angkatan Udara Surabaya di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo.  Selama sepekan, peserta akan mengikuti berbagai macam kegiatan di dalam dan di luar bumi perkemahan.

Menurut Romo Akik, pelaksanaan kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tentang TKK MNPK

TKK MNPK merupakan wadah koordinasi penyelenggara program pendidikan kepramukaan yang berpangkalan di sekolah-sekolah Katolik se-Indonesia. Secara eksternal, TKK MNPK merupakan mitra Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di gugus depan, secara berkala TKK MNPK menyelenggarakan kegiatan peserta didik dan pembina yang bekerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, termasuk pekan kekerabatan yang diselenggarakan setiap 4 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here