Sedih Atas Wafatnya Mgr Lodovikus, Beginilah Ungkapan Hati Mantan Misdinar

1469

Katoliknews.com—Tiba-tiba ada berita mengejutkan datang dari Keuskupan Sibolga. Berita ini dikirim oleh Romo Sekretaris Jendral Keuskupan Sibolga, Romo Blasius Super Yesse, Pr. Berita yang juga beredar di group WhatsApp Komsos Indonesia itu berisi, Uskup Keuskupan Sibolga Mgr Lodovikus Simanulang OFM, Cap kembali ke Rumah Bapa.

“Hari ini, Kamis, 20 September 2018, jam 03.30 WIB, Bapa Uskup Mgr Ludovicus Simanullang, OFMCap meninggal dunia di RSU St Elisabeth Medan. Jenazah Mgr Ludovicus akan diberangkatkan dari Medan pagi ini dan diperkirakan akan tiba sore hari ini di Sibolga. Jenazah akan disemayamkan di Gereja Katedral St Teresia Liseux Sibolga. Marilah kita berdoa bagi keselamatan abadi Mgr Ludovicus,” tulis Romo Blasius S Yesse, pr

Mengamati media social, terutama halaman facebook, terlihat ungkapan turut berdukacita pun datang dari berbagai penjuru nusantara. Tidak terkecuali, salah seorang putri yang pernah manjadi misdinar  di Sibolga. Gadis itu bernama Donda Sihite. Ia barusan manamatkan SMA di Sibolga, dan kini menjadi mahasiswa semester I di Universitas Negeri Yogyakarta, jurusan Filsafat-Sosiologi Pendidikan.

Beginilah isi hati mantan misdinar itu:

Dulu, aku inget banget gimana ramenya Kota Sibolga oleh umat Allah yang penuh euforia, karena ingin menyaksikan sendiri pentahbisan Opung Mgr. Ludovicus Simanullang, OFMCap jadi Uskup Sibolga. Aku dan mama juga termasuk, yang waktu itu masih tinggal di Nias, tapi bela-belain nyebrang pulau dan nginep di belakang kantor keuskupan demi ikut misa pentahbisan keesokan harinya.

Opung uskup yang lembut namun berwibawa, murah senyum, dan sangat kebapakan ini selalu mampu berbagi damai ke semua orang..Waktu jadi misdinar, aku juga bahagia sekali kalau yang mimpin misa Opung Uskup, karena rasanya beda.. Kenangan terakhirku dengan beliau adalah saat aku jadi misdinar (juga untuk yang terakhir kalinya) di Pekan Suci tahun ini.

Salah satu sosok yang semakin membuatku cinta pada Katolik adalah beliau, karena semangat pelayanan kami orang muda Katolik selalu dibakar oleh beliau, seperti saat di sakristi seusai misa.

 Terimakasih untuk bimbingan dan cinta Opung kepada kami..
Selamat jalan, Pung.. Damailah bersama Bapa, dan doakan kami yang masih berziarah di dunia ini..

Donda, terakhir kali menjadi misdinar dalam Misa bersama Mgr Simanulang saat Malam Paskah, April lalu. (Foto: dok.)

Uskup Manokwari-Sorong, mengirimkan ucapan belasungkawa

Menanggapi berita duka itu, Uskup Keuskupan Sorong yang juga Ketua Komisi Komsos KWI, Mgr Hiarion Datus Lega turut menyampaikan turut rasa belasungkawa dan doanya. ”Dukacita mendalam bersama umat Keuskupan Sibolga, dan pasti ikut mendoakan keselamatan abadi beliau. RIP, salam dari Sorong,” tulis Mgr Hilarion Datus Lega.

Selain itu, ketua-ketua komsos di Indonesia pun tidak henti-hentinya mengirim ungkapan dukacita mendalam lewat media group WA itu.

Mgr. Ludovikus terpilih menjadi Uskup di Keuskupan Sibolga pada 14 Maret 2007. Pada 20 Mei 2007, Mgr. Leopoldo Girelli, Nuncio Apostolik untuk Indonesia menjadi Uskup Penahbis Utama bagi Mgr. Ludovikus Simanullang.

Pada perayaan penahbisan itu, Uskup Keuskupan Padang, Mgr. Martinus Dogma Situmorang, dan Uskup Agung Medan saat ini, Mgr. Anicetus Bongsu Antonius Sinaga,  menjadi Uskup Konsekrator. Penahbisan berlangsung di Lapangan Simare-mare, Jalan Sutomo Sibolga.

Stefan/Katoliknews

Komentar