Ajaran Katolik selalu memberikan kesan berbeda bagi setiap orang. Kesan itu pun bahkan bisa membuat seseorang tertarik mengenal Katolik secara lebih mendalam.

Hal itu misalnya terjadi dalam diri 14 figur ternama di masa lalu. Dengan pengalaman hidup dan cara pandang masing-masing tentang Katolik, mereka akhirnya tertarik dan memutuskan masuk katolik. Disadur dari Aleteia.org, berikut kisah mereka.

John Wayne

John lahir pada 26 Mei 1907. Ia merupakan seorang aktor asal Amerika Serikat yang telah membintangi sebanyak 175 film terkenal.

John mengenal Katolik setelah tiga kali menikah dengan perempuan Katolik. Setelah menemukan sesuatu yang rasional dalam keyakian yang dianut istrinya, John akhirnya memutuskan dibabtis dua hari sebelum ia meninggal pada June 11, 1979 silam.

Gary Sinise

Lahir pada 17 Maret 1995, Gary Sinise bertumbuh menjadi seorang yang sangat kreatif. Di usia dewasanya, ia kemudia mencoba peruntungan di dunia hiburan hingga menjadi seorang aktor terkenal.

Gary mulai mengenal Katolik setelah istri dan anaknya memutuskan masuk Katolik tahun 2000 silam.

Ia kemudian jatuh cinta dengan Katolik usai melihat banyak orang yang berani membantu korban serangan teroris di World Trade Center, New York pada 11 September 2001 silam.

Setelah melewati permenungan selama bertahun-tahun, Gary akhirnya masuk Katolik pada tahun 2010.

Gary Cooper

Gary merupakan salah satu ikon di dunia Hollywood masa lalu. Ia mulai terkesan dengan agama saat beranjak dewasa.

Namun keputusan menjadi Katolik terjadi setelah ia bertemu dengan Paus Pius XII. Sebelum kematiannya, ia pernah mengatakan, ‘anda berutang pada seseorang, sesuatu untuk semua nasib baikmu.’

Gary Cooper lahir pada 7 Mei 1901 dan meninggal pada 13 Mei 1961.

Andrea Bocelli

Bocelli merupakan seorang penyanyi terkenal asal Italia. Bagi dunia hiburan, pria kelahiran tahun 22 September 1958 ini merupakan salah satu legenda di panggung musik internasional.

Andrea sendiri mengenal Katolik di usia dewasa. Baginya, Katolik merupakan asupan setiap hari yang memberikannya kekuatan.

Sejak menjadi Katolik, ia pun menciptakan lagu yang bisa mempersatukan semua orang dalam doa.

Dean Koontz

Penulis terkenal ini lahir dari sebuah keluarga yang berantakan. Masa kecilnya dikelilingi oleh berbagai konflik dan persoalan.

Setelah menikah, Dean melihat sesuatu yang indah dalam keluarga istrinya yang merupakan para pemeluk Katolik yang taat.

Pria kelahiran 9 Juli 1945 ini lalu menyamakan sukacita yang ia lihat dengan keyakinan yang dianut istrinya. Tak lama setelah itu, Dean memutuskan masuk Katolik.

Graham Greene

Graham Greene merupakan salah satu penulis dan novelis paling populer di abad ke 20.

Ia awalnya enggan memeluk agama Katolik. Namun setelah bertunangan dengan seorang wanita Katolik, ia mulai menjajaki sejumlah diskusi teologi dan terus menemukan jawaban. Tak lama setelah itu, Graham akhirnya masuk Katolik.

Gramah lahir pada 2 Oktober 1904 dan meninggal pada 3 April 1991.

Robert Novak

Lahir pada 26 Februari 1931, Robert Novak bertumbuh menjadi seorang jurnalis terkenal.

Namun, sebagai seorang keturunan Yahudi, Novak tentunya sama sekali tidak mengenal Katolik.

Usai mencari jawaban tentang agama, di usia 67 tahun, Robert memutuskan masuk katolik. Setelah itu, ia mengatakan, ‘masuk Katolik merupakan sebuah momen terbaik dalam hidup saya.’

Robert Novak meninggal pada 18 Agustus 2009 silam.

Dorothy Day

Dorothy Day merupakan seorang jurnalis dan aktivis perempuan asal Amerika Serikat yang lahir pada 8 November 1897.

Day mengenal Kristus dan masuk Katolik setelah dirinya kembali hamil usai beberapa saat sebelumnya ia melakukan aborsi.

Kehamilan keduanya ini dinilai sebagai kesempatan kedua dari Tuhan untuknya. Ia lalu menyerahkan semua hidupnya kepada Kristus.

Dorothy Day meninggal pada 28 November 1980 silam.

Walker Percy

Walker Percy merupakan salah satu penulis terkenal asal Amerika yang lahir pada 28 Mei 1916 silam.

Salah satu pengalaman pahitnya adalah menjadi yatim piatu di usia 15 tahun.

Usai menemukan sebuah jawaban tentang keyakinan, Walker yang lahir sebagai seorang agnostik akhirnya memutuskan masuk Katolik di usia 31 tahun.

Walker Percy meninggal dunia pada 10 Mei 1990 silam.

Thomas Merton

Thomas Merton merupakan seorang aktivis berkebangsaan Prancis yang lahir pada 31 Januari 1915.

Dalam perjalanan hidupnya, ia merasa tertarik dengan berbagai ajaran Katolik. Tak disangka, ia akhirnya masuk Katolik dan kemudian menjadi seorang biarawan.

Thomas Merton meninggal dunia pada 10 Desember 1968 silam.

Julia Tyler

Julia Tyler merupakan istri presiden Amerika, John Tyler yang menjabat dari tahun 1841 hingga 1845.

Kisah Julia masuk Katolik bermula saat anak ketiganya meninggal. Setahun kemudian, ia dan putri bungsunya memutuskan masuk Katolik.

Julia Tyler lahir pada 4 Mei 1820 dan meninggal pada 10 Juli 1889.

Bufalo Bill Cody

Bufalo Bill Cody merupakan salah seorang wartawan terkenal berkebangsaan Amerika. Ia juga merangkap menjadi pemburu dan pemain sandiwara.

Nama Bufalo mencuat setelah ia membunuh 4000 kerbau untuk memberi makan ribuan pekerja kereta api. Bufalo menjadi seorang Katolik setelah mengikuti audensi dengan Paus Leo XIII.

Bufalo Bill Cody lahir pada 26 Februari 1846 dan meninggal pada 10 Januari 1917.

Black Elk

Black Elk merupakan seorang yang penting dan dianggap suci oleh bangsa Indian jaman dahulu. Ia diyakini bisa menyembuhkan orang sakit.

Namun ia akhirnya memutuskan menjadi seorang Katolik setelah bertemu seorang Pastor Jesuit yang keberatan dengan upacara penyembuhan yang dilakukannya.

Setelah itu, ia kemudian menjadi pewarta dan sukses membawa ribuan orang ke dalam Katolik. Black juga disebut menyatukan keyakinan Katolik dengan kebiasaan yang dianut bangsa Indian.

Black Elk lahir pada 1 Desember 1863. Ia meninggal pada 19 Agustus 1950.

Bernard Nathanson

Ia merupakan seorang dokter dari Kota New York, Amerika Serikat yang pada tahun 1969 mendirikan National Association for the Repeal of Abortion Laws (NARAL). Organisasi itu kini berubah nama menjadi National Abortion Rights Action League.

Ia menjadi Katolik setelah terinspirasi dari paham Katolik tentang ‘pengampunan’.

Bernard Nathanson lahir pada 31 Juli 1926 dan meninggal pada 21 Februari 2011.

Katoliknews

Komentar