Pastor Kornelius Sipayung OFMCap terpilih menjadi Uskup Agung Medan menggantikan Mgr Anicetus Sinaga.

Kabar ini diketahui dari pengumuman usai misa di Gereja Katedral Maria Dikandung Tanpa Noda, Jalan Pemuda, Medan, Sabtu (8/12/2018).

Seperti dilansir Tribunnews, Vikaris Eviscopal Pro Religiosi, Pastor Leo Sipahutar mengatakan permohonan pergantian jabatan uskup agung sebenarnya pernah diajukan Mgr Anicetus ke Vatikan dua tahun yang lalu.

Sayangnya, kata dia, saat itu permohonan tersebut belum dikabulkan.

Ia menjelaskan, setelah dua tahun menanti, Vatikan akhirnya menunjuk Mgr Kornelis.

“Akhirnya sore hari ini tanggal 8 Desember 2018 di Gereja Katedral Medan, tepat pada saat gereja kita merayakan Hari Raya SP Maria Dikandung Tanpa Noda (yang juga menjadi pelindung gereja katedral ini), dalam Perayaan Ekaristi meriah, Uskup Agung Medan Mgr Anicetus Sinaga mengumumkan maklumat dari Bapa Suci Paus Fransiskus, bahwa permohonannya dikabulkan dan yang akan menggantikan beliau sebagai Uskup Agung Medan ialah Pastor Kornelius Sipayung OFMCap,” ujar Pastor Leo.

“Maka mulai dari sekarang, walaupun pastor itu belum ditahbiskan menjadi uskup, beliau akan disebut Mgr Kornelius . Kita sangat bersyukur kepada Tuhan dan bergembira atas berita yang membahagiakan ini. Mari kita dukung Uskup Agung terpilih ini. Kita doakan agar beliau tetap sehat walafiat dan dapat mengemban tugasnya dengan bijaksana dalam perlindungan kasih Tuhan,” tambahnya.

Kemudian, Ketua Komisi Kepemudaan Agung Medan, Pastor Alex Silaen mengatakan dirinya ikut bergembira setelah setelah mendengar pengumuman itu.

“Uskup Agung Medan ialah Pastor Kornelius Sipayung OFMCap, dalam Misa pengumuman di Katedral tadi pengumumannya. Saya senang dengan terpilih Uskup baru Keuskupan Agung Medan ini, selamat menjabat dan melayani untuk umat agung Medan,” kata Pastor Alex.

Katoliknews

Komentar