Peserta Kongres Misi di Indonesia Dapat Pesan Spesial dari Paus Fransiskus

Katoliknews.com  Seorang Kristen adalah seorang misionaris yang, didorong oleh Roh Kudus, menghayati Pembaptisannya sebagai ragi dalam masyarakat, (untuk) menyebarkan pesan Yesus.

Itu adalah inti dari pesan Paus Fransiskus dalam video singkat kepada para peserta Kongres Misi Nasional yang diselenggarakan oleh Gereja Katolik Indonesia.

Kongres yang berlangsung pada 1-4 Agustus di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta ini mengambil tema “Dibaptis dan Diutus.”

Sebagaimana dilansir Vaticannews.va, berbicara dalam bahasa Italia, Paus meminta para peserta Kongres untuk merefleksikan tema tersebut dengan baik.

“Ketika kita dibaptis, kita menerima Roh Kudus, yang merupakan harta berharga; kita menerima pesan Yesus, Injil di dalam diri kita,” kata Paus dalam pesan video yang ditayangkan saat upacara pembukaan kongres.

Paus menarik perhatian pada dua kata tema Kongres, ”Dibaptis dan Diutus”.

“Ketika Anda memiliki barang yang indah dan antusias dengan barang itu,” katanya, “Anda merasakan dorongan untuk membagikannya dan memberikannya kepada orang lain.”

“Dibaptis dan Diutus”, katanya, adalah dua hal yang harus direfleksikan mendalam selama Kongres.

Dia meminta bagaimana seorang Kristen menghayati Pembaptisannya, tidak hanya dalam kehidupan pribadi tetapi juga sebagai “ragi, ragi sosial dalam masyarakat, untuk meneruskan pesan Yesus ini.”

Paus asal Argentina itu mengingatkan para peserta kongres bahwa seorang Kristen selalu berjalan maju. Menurut Alkitab, katanya, “kita bukan orang yang berjalan mundur”; “Kita adalah orang-orang yang maju, selalu.”

“Ketika seseorang berjalan mundur,” ia menekankan, “orang itu bukan orang Kristen.”

Ketika seorang Kristen maju, ia menyatakan, dia “diutus”. “Adalah Roh Kudus yang mendorong saya untuk maju”.

“Jadi, beranilah, maju, selalu maju: dibaptis dan diutus,” kata paus, sembari meminta peserta kongres berdoa kepada Bunda Maria agar dia dapat melindungi mereka dan membantu mereka terus maju.

Paus Fransiskus juga meminta para peserta Kongres untuk mendoakannya. Pada akhir pesannya ia menyampaikan berkatnya untuk mereka.