Rajut Keakraban, Santri dan Pelajar Katolik di Jember Gelar Kegiatan Bersama

Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Silo, KH Hodri Ariev (pegang mic) saat menjadi narasumber sarasehan dalam pertemuan santri dan pelajar Katolik di Jember, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Katoliknews.com – Para santri dan pelajar katolik di Jember, Jawa Timur menggelar kegiatan bersama pada 15-17 November 2019.

Kegiatan itu digelar di aula dan Gedung Olahraga SMAK St. Paulus.

Seperti dilansir Nu.or.id, para santri tersebut berasal dari tiga pondok pesantren yakni Bahrul Ulum, Al-Falah (Kecamatan Silo), dan Darul Muqamah (Gumukmas), sementara pelajar Katolik dari SMA Katolik St. Paulus Jember.

Masing-masing pesantren mengirimkan 20 santri perempuan dan laki-laki, dengan 4 orang pendamping.

Kegiatan ini diisi dengan sejumlah acara seperti sarasehan, kunjungan ke tempat ibadah dan outbond.

Ketua panitia kegiatan, Pastor Atan Eka, O.Carm mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membangun rasa persaudaran di kalangan pelajar.

“Ini saya kira sangat positif, karena kekerasan itu muncul akibat tidak saling mengenal satu sama lain. Antara dua teman yang sudah akrab, apapun yang dikatakan (salah seorang di antaranya) tidak akan marah. Tapi jika tidak akrab, maka salah sedikit saja, bisa terjadi pertikaian. Menjalin keakraban itu penting,” jelasnya pada Sabtu, 16 November 2019.

Tak hanya itu, Pastor Atan juga mengajak siswa SMAK St. Paulus untuk meneladani kedisiplinan para santri yang selalu menjalankan ibadah shalat lima waktu.

“Jadi lima waktu itu pasti, dan itu dijalankan dengan sangat disiplin,” ucapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, KH Hodri Ariev mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya, generasi muda lintas agama perlu terus didorong untuk lebih sering bertemu dan menjalin keakraban.

Hal itu, kata dia, menjadi modal penting untuk membangun persaudaraan.

“Ini perlu diapresiasi, merajut persaudaraan bukan dari wacana tapi aksi nyata. Ini saya kira model untuk membangun persaudaraan yang cukup bagus,” katanya.