Jelang Kunjungan ke Thailand, Paus Fransiskus Kirim Pesan Lewat Video

Paus Fransiskus (Foto: ist).

Katoliknews.com – Beberapa hari menjelang kunjungannya ke Thailand, Paus Fransiskus menyampaikan pesan lewat sebuah video, di mana ia memuji upaya negara mayoritas Budha itu untuk memperjuangkan kerukunan dan perdamaian.

“Di tengah dunia saat ini yang sering mengalami perselisihan, perpecahan, dan pengucilan,” Thailand telah menunjukkan komitmen untuk bekerja keras “mempromosikan kerukunan dan hidup berdampingan secara damai,” katanya, seperti dilansir Vaticannews.va.

Paus akan mengunjungi Thailand – sebagai bagian dari perjalanan apostoliknya yang ke-22 – pada 20 November, sebelum kemudian bertolak ke Jepang. Dia berada di negeri Sakura hingga tanggal 23 November.

Dalam pesannya, dia mengatakan akan memiliki kesempatan untuk bertemu dan “mendukung” komunitas Katolik Thailand “dalam iman mereka dan dalam kontribusi yang mereka berikan kepada seluruh masyarakat.”

Ia berharap mereka akan memperkuat ikatan persahabatan dengan banyak saudara dan saudari beragama Budha.

“Saya yakin kunjungan saya akan membantu menyoroti pentingnya dialog antaragama, saling pengertian dan kerja sama dalam persaudaraan,” kata paus.

 

Dia menyatakan ‘dari lubuk hati’ berterima kasih kepada orang-orang Thailand atas semua persiapan yang dilakukan untuk kunjungannya.

Ini adalah kunjungan paus pertama ke Thailand dalam hampir empat dekade setelah perjalanan yang dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984.

Kunjungan itu itu akan menandai peringatan 350 tahun berdirinya Vikariat Apostolik Siam, yang dibentuk pada 1669, yang memulai misi Vatikan di Thailand.

Paus akan bertemu Raja Maha Vajiralongkorn dan Patriark Agung Agama Buddha.

Dia juga akan mengadakan dua kali Misa di Bangkok dan bertemu kembali dengan sepupu keduanya, Suster Ana Rosa Sivori, 77, yang menangani sekolah di Provinsi Udon Thani di timur laut.

Sekitar 93 persen populasi Thailand adalah penganut Buddha.

Umat Katolik berjumlah 388.000, kurang dari satu persen dari populasi. Sebagian besar umat Katolik tinggal di Thailand utara.

Sejak menjadi paus enam tahun lalu, Paus Fransiskus telah melakukan tiga perjalanan ke Asia, yakni mengunjungi Korea Selatan pada 2014, Filipina dan Sri Lanka pada 2015, diikuti kunjungan ke Myanmar dan Banglades pada 2017.