Paus Fransiskus Makan Siang dengan Ribuan Orang Miskin

Paus Fransiskus makan siang dengan 1.500 orang miskin setelah Misa pada Hari Orang Miskin Sedunia, Minggu, 17 November 2019. (Foto: Vaticannews.va)

Katoliknews.com – Setelah merayakan Misa pada Hari Orang Miskin Sedunia, Minggu, 17 November 2019, Paus Fransiskus bergabung dengan 1.500 orang miskin untuk makan siang.

Acara itu digelar di Aula Paulus VI, Vatikan, dengan hidangan lasagn, ayam dengan jamur dan kentang, makanan pencuci mulut, buah-buahan dan kopi.

Vaticannews.va melaporkan, 50 relawan juga hadir dalam acara itu.

Sebelum santapan sederhana itu disajikan di aula yang dihiasi dengan indah, Paus berterima kasih kepada semua yang hadir dan meminta Tuhan untuk memberkati mereka dan keluarga mereka.

Makan bersama dengan orang miskin telah menjadi tradisi Paus Fransiskus sejak ia menetapkan Hari Orang Miskin Sedunia pada tiga tahun lalu, untuk menandai berakhirnya Tahun Luar Biasa Kerahiman.

Sebelumnya, dalam Misa yang digelar di Basilika Santo Petrus, Paus menggambarkan orang-orang miskin sebagai “harta Gereja” dan mengatakan kepada umat yang hadir bahwa “orang miskin memfasilitasi akses bagi kita untuk bisa mencapai surga.”

Ia juga mengajak mereka untuk sadar dan peduli dengan angka statistik kemiskinan dan ketidakpedulian masyarakat yang ia sebut sebagai hal yang menyakitkan.