‘Lindungi Kehidupan,’ Pesan Paus Jelang Kunjungan ke Jepang

Paus meminta Jepang untuk berkomitmen melindungi kehidupan, termasuk dengan menghentikan penggunaan senjata nuklir.

Katoliknews.com – Menjelang kunjungannya ke Jepang pada 23 November, Paus Fransiskus menyerukan agar warga Negeri Sakura itu berkomitmen melindungi kehidupan.

Merujuk ke tema kunjungannya pada 23-26 November: “Lindungi Semua Kehidupan,” kata paus, perlindungan seperti itu harus ditunjukkan melalui komitmen untuk mengakhiri semua konflik bersenjata dan membersihkan dunia dari senjata nuklir.

“Naluri yang kuat, yang bergema di hati kita, untuk mempertahankan nilai dan martabat setiap manusia menjadi penting khususnya dalam menghadapi ancaman terhadap hidup berdampingan secara damai yang dihadapi dunia saat ini, terutama dalam konflik bersenjata,” katanya dalam video yang dirilis Vaticannews.va pada 18 November.

Menyebut penggunaan senjata nuklir “tidak bermoral,” katanya, Jepang “sangat menyadari penderitaan yang disebabkan oleh perang. Bersama dengan Anda, saya berdoa agar kekuatan destruktif senjata nuklir tidak akan pernah dilepaskan lagi dalam sejarah manusia. “

Paus juga mengatakan Jepang tahu berharganya mempromosikan dialog dan persaudaraan di antara tradisi keagamaan, yang dapat membantu “mengatasi perpecahan, mempromosikan rasa hormat terhadap martabat manusia, dan memajukan pembangunan integral untuk semua orang.”

Kunjungan itu, katanya, juga akan memberinya kesempatan untuk menghargai keindahan alam Jepang, dan mengungkapkan “keinginan bersama untuk mempromosikan dan memperkuat perlindungan semua kehidupan, yang mencakup bumi, rumah kita bersama.”