Paus Fransiskus Akui Ada Korupsi di Vatikan

Paus Fransiskus. (Foto: www.nbcnews.com)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus mengatakan ada praktik korupsi yang terjadi di Vatikan.

Korupsi tersebut terkait penggunaan dana Peter’s Pence atau dana amal Paus yang bersumber dari umat Katolik di berbagai negara.

Hal tersebut disampaikan Paus saat jumpa pers dalam penerbangan pulangnya dari kunjungan ke Jepang menuju Roma, Italia, pada Selasa, 26 November 2019.

Seperti dilansir DW.com Paus mengatakan proses investigasi untuk kasus ini sedang dilakukan untuk mengetahui siapa pihak yang bersalah.

“Ada korupsi, itu jelas. Dengan interogasi, kita akan lihat jika mereka bersalah atau tidak. Ini hal yang buruk. Tidak bagus hal ini terjadi di Vatikan,” kata uskup asal Argentina tersebut.

Para pelaku, menurut Paus, menggunakan uang tersebut untuk membeli properti mewah di pusat kota London, Inggris, senilai €150 juta atau setara dengan Rp240 miliar.

“Mereka melakukan hal-hal yang tampaknya tidak bersih,” lanjutnya.

Paus Fransiskus menegaskan kasus ini merupakan sebuah skandal baru yang diungkap sendiri oleh internal Vatikan.

“Untuk pertama kalinya, kotoran itu mulai diungkap dari dalam Vatikan, dan bukannya dari luar,” ujarnya.

Menurut laporan Catholicherald.co.uk, praktik korupsi ini mulai mencuat sejak kepolisian Vatikan menggrebek lima petugas administrasi di Kantor Sekertariat Negara Vatikan pada 1 Oktober 2019 lalu.

Sehari kemudian lima petugas administrasi tersebut diskors oleh Vatikan. Saat ini mereka tengah menjalani pemeriksaan, dua di antaranya merupakan pejabat senior.