Paus Fransiskus: Jaga Martabat Penyandang Disabilitas

Paus Fransiskus di hadapan penderita disabilitas. ISumber foto: Vaticannews.va)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus mengatakan, semua orang mesti menciptakan dunia lebih manusiawi dengan menjaga martabat kaum disabilitas.

Seruan ini, menurut Paus Fransiskus, bertujuan mengajak banyak orang menghargai hak kaum disabilitas dan melindungi keluarga mereka.

“Jaga dan temani mereka dalam kondisi apapun, lalu bantu mereka untuk bisa menggunakan semua teknologi yang sudah berkembang saat ini,” kata Paus Fransiskus pada Peringatan Hari Disabilitas (PHD), seperti dilansir Vaticannews.va, Selasa 3 November 2019.

Dengan demikian, kata dia, penyandang disabilitas bisa aktif dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial. termasuk di komunitas-komunitas gereja.

Di hadapan para disabilitas yang hadir, Paus juga mengapresiasi peningkatan perhatian medis dan lembaga-lembaga kesejahteraan terhadap mereka.

Namun ia mengatakan, “saat ini masih banyak budaya tertentu dimana penyandang disabilitas merasa hidup tanpa harta benda dan tanpa partisipasi dalam lingkungan sosial.”

Karena itu, ia mengajak semua orang untuk terus menyuarakan hak-hak para penyandang disabilitas.

“Menciptakan hukum yang baik dan membuat pembatas fisik di tempat-tempat umum sangatlah penting bagi mereka.”

Namun, lanjut Paus, aturan saja tidak cukup apabila mental untuk memperhatikan para penyandang disabilitas tidak ikut berubah.

Di bagian akhir pesannya, Paus mendorong semua orang yang saat ini khusus mengurusi para disabilitas agar terus melakukan tugas mereka dengan pelayanan dan komitmen yang baik.