Katoliknews.com – Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut baik rencana Rapimnas Pemuda Katolik tahun 2016, yang menurut agenda bakal digelar di Solo pada November mendatang.

Hal tersebut disampaikannya kala Pemuda Katolik Cabang Surakarta dan Pemuda Katolik Pusat mengadakan audiensi dengannya di Balaikota Solo pada Selasa 17 Mei lalu.

Sebagaimana dilansir JPNN.com pada Rabu, 18 Mei, FX Hadi menyebutkan bahwa Rapimnas ini hendaknya disiapkan sebaik mungkin dan harus bisa membantu memperkenalkan Solo sebagai kota budaya yang masyarakatnya gotong royong, ramah dan toleran.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Gusma mengatakan, rencana Rapimnas tersebut adalah amanat konggres pemuda katolik yang digelar di Batam 2015 lalu.

Rapimnas ini juga, kata dia, merupakan ruang konsolidasi organisasi untuk mengejawantahkan hasil-hasil ketetapan Kongres dan Rakernas.

Adapun hal-hal yang bakal dibahas, lanjut Gusma, terkait keterlibatan pemuda katolik dalam pembangunan nasional berbasis desa, isu-isu kesejahteraan sosial, implementasi Pancasila dan nasionalisme.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Rapimnas, Bambang Mejik Margono menambahkan, kepanitiaan untuk menyukseskan acara ini sudah terbentuk. Para anggota (panitia) melibatkan sejumlah umat dan masyarakat.

Rapimnas yang akan dihadiri oleh perwakilan Pemuda Katolik dari seluruh Indonesia tersebut, rencananya mengangkat tema seputar Nasionalisme dan kebangsaan.

Oleh karena itu, sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang profesi baik pengamat tingkat nasional maupun pejabat di tingkat pusat bakal hadir.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar