Uskup Amboina, Mgr P.C Mandagi

Katoliknews.com – Uskup Amboina, Mgr P.C Mandagi meminta kepada Masyarakat Buru Selatan (Bursel) untuk menjaga keamanan menjelang acara perlombaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku pada Tahun 2017 mendatang.

MTQ adalah singkatan dari Musabaqah Tilawatil Quran yang merupakan festival membaca Al-quran dengan qira’at.

Sebagaimana dilansir Kompastimur.com, pada Minggu, 9 Oktober 2016, Uskup Mandagi mengatakan bahwa keamanan untuk MTQ itu bukan saja dijaga oleh umat Muslim saja, tetapi juga oleh umat Kristen Protestan dan Katolik.

“Bersukurlah masyarakat Bursel dipercaykan sebagai tuan rumah penyelengara MTQ. Tentu saja masyarakat Bursel harus selalu menjaga kerukuan beragama, perdamaian dan keamanan, agar peserta-peserta dari daerah lain merasa aman dan damai disini,” kata Mgr Mandagi.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah Bursel selaku penyelenggara MTQ untuk memainkan perannya dalam melancarkan perlombaan ini.

Selain itu, kata dia, Polisi dan Tentara, mesti berada di depan untuk mengawal acara ini agar peserta perlombaan dari daerah lain merasa aman dan damai.

“Berbanggalah masyarakat Bursel bahwa MTQ akan berlangsung di sini, dan usahakanlah supaya melalui MTQ ini Bursel menjadi terkenal,” ujarnya.

Selain keamanan, Mgr Mandagi juga menghimbau masyarakat Bursel untuk menjaga kebersihan lingkungan sejak saat ini.

Roby Sukur/Katoliknews