Dubes Vatikan Kunjungi Timika dan Asmat

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi

Katoliknews.com – Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi melakukan kunjungan kerja pastoral selama empat hari di Keuskupan Timika dan Keuskupan Agats Asmat, Provinsi Papua.

Ia tiba di Timika pada Senin, 10 Oktober, pagi dan melanjutkan penerbangan ke Asmat untuk mengikuti kegiatan di sana. Mgr Filipazzi lalu akan kembali ke Timika pada Selasa siang dalam rangka kunjungan kegembalaan dan menemui umat Katolik di Keuskupan Timika

Sebagaimana dilansir Antara, Sekretaris Jenderal Keuskupan Timika Pastor Bernard SCJ di Timika, pada Selasa, mengatakan, kegiatan utama Dubes Vatikan adalah menghadiri acara misa pemberkatan, sekaligus peresmian museum baru ukiran Asmat yang dibangun oleh Keuskupan Agats-Asmat bekerja sama dengan Pemkab setempat.

Pemberkatan dan peresmian museum baru itu, kata dia, merupakan puncak acara Pesta Budaya Asmat 2016 yang digelar sejak 6 Oktober 2016 di Kota Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Sementara itu, selama berada di Timika, Dubes Vatican akan menggelar pertemuan dengan seluruh tim pastoral Keuskupan Timika yang datang dari berbagai paroki dan unit karya di wilayah pedalaman mulai dari Biak, Serui, Nabire (Dekenat Teluk Cenderawasih), Dekenat Paniai, Dekenat Kamu-Mapia, Dekenat Moni-Puncak Jaya dan Dekenat Mimika-Agimuga.

Pertemuan tersebut berlangsung di Aula Rumah Transit Kantor Keuskupan Timika (Bobaigo) Jalan Cenderawasih SP2 Timika.

“Duta mau menyampaikan semacam animasi atau memberi penyemangatan kepada para petugas pastoral gereja untuk berkarya dengan tetap memperhatikan hal-hal aktual atau perkembangan situasi terkini di lingkungan karya mereka masing-masing,” kata Pastor Bernard.

“Semua petugas pastoral baik pastor, biarawan-biarawati dan tokoh-tokoh umat dari pedalaman sudah berada di Timika dalam satu dua hari terakhir untuk menghadiri kegiatan itu,” lanjutnya.

Selain itu, pada hari Rabu, 12 Oktober, Mgr Filipazzi akan mengunjungi beberapa karya pastoral Keuskupan Timika seperti Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, sekolah dan asrama Seminari Yohanes Paulus II di Kampung Karang Senang SP3 Timika.

Setelah itu, di hari yang sama, ia bakal menghadiri perayaan misa pentahbisan empat orang diakon atau calon imam projo Keuskupan Timika.

Hari berikutnya, Kamis, 13 Oktober, Mgr Filipazzi bakal kembali ke Jakarta.

Kunjungan kerja Mgr Filipazzi ke Keuskupan Timika dan Keuskupan Agats Asmat merupakan yang pertama kali sejak ia secara resmi diangkat sebagai Dubes Vatikan untuk Indonesia oleh Paus Fransiskus sekitar tiga tahun silam, menggantikan Mgr Leopoldo Girelli yang kini bertugas di Vietnam.

Roby Sukur/Katoliknews