Suasana pelatihan jurnalistik di SMP Pangudi Luhur Wedi

Katoliknews.com – SMP Katolik Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten pada Senin 10 Oktober 2016, mengadakan pelatihan jurnalistik yang diikuti 32 siswa.

Pelatihan jurnalistik itu digelar di sekolah tersebut dan merupakan rangkaian kegiatan classmeeting pada tengah semester ini.

Wakil Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi Gregorius Harjanto mengatakan, pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik kepada para siswa.

“Narasumber pelatihan ini adalah Lukas Awi Listanto, seorang wartawan majalah Inspirasi dan penulis lepas,” kata Gregorius kepada Katoliknews.com, Rabu, 12 Oktober.

Awi Listanto dalam pelatihan itu, banyak memberi ilmu tentang jurnalistik seperti cara membuat berita dan majalah dinding.

“Modal utama untuk membuat karya jurnalistik itu adalah membaca. Dengan membaca, banyak hal bisa kita dapat. Salah satunya kita akan termotivasi. Dengan itu kita menjadi berani untuk mencoba tanpa takut salah,” kata Awi Listanto.

Ia juga mengatakan bahwa “yang penting, siswa harus mau terus membaca dan berkarya.”

Sementara itu peserta pelatihan bernama Johanes Priyandika Jati mengatakan bahwa ia sangat senang mengkuti acara tersebut. Hal itu, kata dia, sangat positif bagi perkembangan diri.

“Saya senang mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Karena saya mendapat banyak pengetahuan tentang jurnalistik. Saya berharap pelatihan jurnalistik ini bisa diadakan pada semester mendatang,” kata Johanes.

Laurentius Sukamta/Katoliknews