Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan ke Vatikan.

Katoliknews.com – Ignasius Jonan mendapat berkat dari Paus Fransiskus sebelum pada 14 Oktober 2016 lalu dipilih menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan.

Pemberkatan itu terjadi saat Jonan bersama istrinya Ratnawati Jonan menemui Paus saat Audiensi Umum di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada, Rabu 5 Oktober lalu.

Kunjungan Jonan ke Vatikan diketahui dari 90 lebih foto yang beredar pada hari pengangkatannya sebagai Menteri ESDM.

Menurut laporan, foto itu dipublikasikan langsung oleh situs dokumentasi foto resmi vatikan, Photovat.com, mulai dari halaman 27 hingga 29.

Dalam beberapa foto, tampak Jonan mendekati Paus dari Argentina tersebut hingga mereka bersalaman.

Jonan juga tampak memperkenalkan istrinya dengan Paus ke-266 itu, hingga mengeluarkan Rosario untuk diberkati.

Jonan lahir di Singapura pada 21 Juni 1963.  Ia adalah salah satu lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya yang kemudian melanjutkan studi ke Fletcher School, Tufts University, Amerika Serikat.

Jonan pernah merintis karir di bidang perbankan, hingga menjabat sebagai Direktur Citigroup dari 1999 hingga 2001.

Kemudian ia memegang jabatan selaku Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (persero) periode 2001-2006, kemudian kembali menjadi Managing Director Citibank pada 2006-2009.

Tahun 2009, atas permintaan pemerintah Jonan berlabuh di PT Kereta Api Indonesia sebagai Direktur Utama.

Perbaikan dan pembenahan yang ia lakukan di PT Kereta Api Indonesia membuat Presiden Joko Widodo mengangkatnya sebagai Menteri Perhubungan pada 26 Oktober 2014 silam.

Saat reshuffle kabinet pada pada Juli 2016, ia sempat meninggalkan tugas sebagai Menteri Perhubungan. Kini ia kembali mengemban tugas Kementerian sebagai Menteri ESDM menggantikan Archandra Tahar.

Roby Sukur/Katoliknews