Warga Karakash, Irak, yang beragama Katolik merayakan pembebasan kota Karakash dari tangan ISIS

Katoliknews.com – Ratusan umat Katolik di wilayah Mosul, Irak, bersukacita atas keberhasilan militer Irak mengusir pasukan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dari kota Karakash, Selasa 18 Oktober 2016 lalu.

Kota Karakash diketahui sebagai kota terbesar umat Katolik di Irak sebelum diduduki oleh ISIS pada bulan Agustus 2014.

Sebagaimana dilansir Spiegel Online, pada Rabu, 19 Oktober, dilaporkan bahwa sukacita kemenangan itu dirayakan umat Katolik di kota Arbil, yang menjadi tempat pengungsian sekitar sepuluh ribu warga Karakash.

“Ini adalah hari yang membahagiakan. Tidak ada lagi keraguan, bahwa kampung halaman kami telah dibebaskan,” ungkap Hasem Cardomi, salah seorang warga Karakash yang turut dalam perayaan kemenangan di Arbil.

Cardomi juga mengatakan, pasca keberhasilan militer Irak tersebut, dipastikan ribuan pengungsi akan kembali ke kampung halaman mereka.

“Kami akan tetap kembali ke Karakash, meski rumah dan harta kami di sana telah hancur oleh aksi kejam ISIS,” imbuh Kardomi.

Pembebasan kota Karakash merupakan bagian dari operasi militer Irak dengan dukungan aliansi internasional yang bertujuan menghancurkan kekuatan ISIS di Mosul.

Operasi militer tersebut dimulai pada hari Senin, 18 Oktober 2016, dan diumumkan langsung oleh Perdana Menteri  Irak Haider al-Abadi.

Roby Sukur/Katoliknews