Pastor Rantinus Manalu Pr dalam aksi unjuk rasa pada 2012 menuntut agar Bupati Tapanuli Tengah, Bonaran Situmeang turun dari jabatan, karena mengingkaji janjinya dalam kampanye. Bupati Situmeang sudah masuk penjara pada 2015 karena kasus suap Hakim Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. (Foto: Frans Zai)

Katoliknews.com – Romo Rantinus Manalu Pr, imam Keuskupan Sibolga, resmi maju dalam Pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara.

Pada Senin kemarin, 24 Oktober 2016, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Tapteng sudah menetapkan bahwa Rantinus, yang berpasangan dengan Ustadz Sodikin Lubis berhak maju dari jalur independen, setelah mereka dipastikan mendapat dukungan 28.689 KTP, jauh di atas syarat minimal yang ditetapkan, yakni 21.997 KTP.

Usai penetapan tersebut, Pastor Rantinus, mengirim pesan singkat kepada Katoliknews.com, mengabari hal tersebut.

“Pasangan Pastor Rantinus Manalu dan Ustad Sodikin Lubis memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada Tapteng 2017,” tulisnya.

BACA JUGA: Romo Rantinus: Imam yang Diusung Jadi Calon Bupati

Selain pasangan dirinya dan Ustad Sodikin, yang memilih nama PAUS, ada tiga pasangan lagi yang mengikuti Pilkada Tapteng tahun depan, yakni Bakhtiar Ahmad Sibarani-Darwin Sitompul (BADAR), Amin Pardomuan Napitupulu-Ramses Hutagalung (AMIRA) dan Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk (BESAR).

Selain PAUS, paket BESAR juga maju dari jalur independen, dengan dukungan  22.523 KTP.

Sementara itu, dua lainnya dari partai politik, yakni pasangan AMIRA yang didukung oleh Partai Golkar, PDI Perjuangan, PAN, Demokrat dan Partai NasDem serta pasangan BADAR yang didukung oleh Partai Hanura, PKS, PPP dan PBB.

Katoliknews