Siswa SMP Pangudi Luhur Wedi saat melakukan jalan salib.

Katoliknews.com – SMP Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten mengadakan ziarah ke Gua Maria Tritis, lalu dilanjutkan rekreasi ke Pantai Sundak, Gunung Kidul, Jogyakarta pada Sabtu 15 Oktober lalu.

Ziarah dan rekreasi (ziarek) ini bertujuan agar para siswa mendapatkan pengalaman iman yang nyata guna memperkuat semangat untuk belajar.

Berbicara kepada Katoliknews.com, Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi, Bruder Yustinus Wahyu Bintarto FIC mengatakan bahwa ziarek ini merupakan rangkaian kegiatan classmeeting setelah ulangan tengah semester (UTS) gasal tahun pelajaran 2016/2017.

Acara itu, kata dia, bertema “Siswa beriman, cerdas, bersemangat, mempunyai masa depan yang jelas”.

“Dalam classmeeting ini, sekolah mengadakan pertandingan olah raga antar kelas (futsal, basket, voli, badminton, dan tenis meja), pelatihan jurnalistik (perwakilan setiap kelas), lomba majalah dinding (antar kelas), rekoleksi Kelas 7, hypnoterapi Kelas 8 dan 9, serta ziarah ke Goa Maria Tritis,” kata Bruder Wahyu.

Ia juga mengatakan bahwa acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan humaniora.

“Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan agar para siswa mendapatkan pengalaman dan bisa mengasah keterampilan khusus di bidang olahraga, jurnalistik, dan kegiatan rekreatif lainnya,” ujarnya.

Bruder Wahyu menjelaskan, ziarek ini diikuti oleh para siswa SMP Pangudi Luhur Wedi baik yang Katolik maupun non Katolik hingga para guru.

Di Gua Tritis, rombongan empat bus ini melakukan jalan salib, doa rosario, dan doa pribadi.

“Usai ziarah, rombongan melanjutkan rekreasi ke Pantai Sundak. Di pantai, para siswa bebas bermain sampai waktu yang ditentukan,” katanya.

Kegiatan ziarek ini mendapat sambutan baik dari para siswa. Seorang siswa bernama Yosef Bergas Rosarianto menegaskan bahwa ia dan teman-teman merasa senang bisa mengikuti ziarah dan rekreasi ini.

“Kami berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi. Apalagi jika ke tempat lain yang lebih menarik,” kata Yosef.

Laurentius Sukamta/Katoliknews