Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri peringatan 5 tahun Takhta Suci Paus Fransiskus yang digelar di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, Kamis (15/11/2018) malam.

Kabar ini pertama kali diketahui dari postingan Anies di akun Instagramnya, @aniesbaswedan.

Pantauan Katoliknews.com, dari sejumlah foto yang ia posting, Anies terlihat sempat bertemu dengan Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo dan Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo.

Anies kemudian menjelaskan bahwa Indonesia dan Vatikan sudah memiliki hubungan erat sejak lama. Vatikan, kata dia, negara pertama di Eropa yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Takhta Suci Vatikan merupakan salah satu negara Eropa yang cukup awal dalam mengakui kemerdekaan Indonesia. Ditandai dengan pembukaan misi diplomatik Vatikan di Jakarta pada tahun 1947, dan hubungan diplomatik resmi dijalin sejak 25 Mei 1950,” tulis Anies dalam keterangan foto.

Lantas, kata dia, hubungan antara Jakarta dan Vatikan bukan merupakan sesuatu yang baru.

“Jadi Vatikan bukan sahabat baru bagi Jakarta, kita telah menjalin hubungan baik sejak lama dengan pusat peradaban agama Katolik dunia ini,” lanjutnya.

Di akhir tulisannya, Anies lalu mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang ia rasakan dari Mgr Piero dan Uskup Suharyo.

“Terima kasih atas sambutan hangat Mgr Piero Pioppo, dan senang bisa berdiskusi lagi dengan Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo,” tutupnya.

Katoliknews

Komentar