15 Calon Imam Ditahbiskan Jadi Diakon di Maumere

Uskup Emeritus, Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD, bersama 15 diakon yang ditahbiskan pada Minggu, 9 Juni 2019. (Foto: HIDUP/Hermina Wulohering)

Katoliknews.com– Sebanyak 15 frater menerima tahbisan diakon pada Minggu, 9 Juni 2019 di Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret, Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Mereka ditahbiskan oleh Uskup Emeritus, Mgr. Gerulfus Kerubim Pareira SVD, menggantikan Uskup Maumere, Mgr. Ewaldus Martinus Sedu, yang sedang mengikuti pertemuan di Roma.

Mgr Kerubim dalam khotbahnya mengatakan momen tahbisan yang bertepatan dengan Hari Raya Pentakosta di mana Gereja memperingati kedatangan Roh Kudus dalam diri orang yang percaya adalah buah karya Roh Kudus. 

“(Para diakon) boleh percaya akan kemampuan-kemampuan diri, termasuk kemampuan intelektual, namun hanya Roh Allah-lah yang memampukan,” katanya seperti dikutip Hidupkatolik.com.

Uskup yang telah berusia 77 tahun ini berharap para diakon dapat membantu para uskup dan imam dalam pelayanan sabda, pelayanan altar dan menjalankan tugas diakonia, yaitu melayani orang lain dalam berbagai bidang. 

“Hendaklah kamu menjalankan kehendak Allah, melayani uskup, imam, dan umat dengan tulus dan gembira,” katanya.

Mgr Kerubim berpesan agar para diakon baru tidak berpaling dari harapan Injil. “Tunjukkan sabda Allah yang kamu imani dalam kelakuanmu!” tegas uskup asal Maumere ini.

Para diakon ini berasal dari sejumlah keuskupan, antara lain Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Ruteng, Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Denpasar.