Ilustrasi. (Foto: Cruxnow.com)

Katoliknews.com – Gereja Katolik di Argentina memilih cara unik untuk menjauhkan anak-anak muda dari narkoba, yaitu dengan menggerakan mereka berolahraga, terutama sepakbola, jenis olahraga favorit di negara tersebut.

“Kami sedang berlomba melawan budaya kematian, sehingga anak-anak perlu menggeluti bola sebelum mereka mengenal narkoba,” demikian kutipan dari pesan kampanye Gereja tersebut, seperti dilansir Cruxnow.com. “Mari memenangkan perlombaan ini dengan olahraga.”

Menurut Gereja Katolik, olahraga bisa menjadi sekolah untuk pencegahan narkoba, terutama bagi  anak-anak di daerah kumuh.

“Kami menyadari, komunitas di negara kami kewalahan dalam mencegah masalah kecanduan narkoba pada anak-anak dan remaja,” lanjut pernyataan itu,

Dengan olahraga, terutama sepakbola yang menjadi favorit di negara itu, anak muda diharapkan bisa memanfaatkan waktu luangnya dengan lebih baik dan menjadikan olahraga sebagai proses untuk menempah kepribadian dan jiwa sosial.

Argentina memiliki total anak muda di bawah 17 tahun sebanyak 11.8 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 41.2 persen hidup di bawah garis kemiskinan.

Gereja Katolik tengah berjuang untuk membantu anak-anak tersebut mendapatkan kehidupan yang layak di masa depan.

Berdasarkan data statistik tahun 2017, sebanyak 22 persen diantara anak muda Argentina telah mengkonsumsi ganja, kokain setidaknya sekali seminggu. Di tingkat nasional, 3 persen anak-anak berusia 12-17 tahun mengkonsumsi ganja setiap hari. Dan lebih dari 10 persen anak-anak muda berusia 12 tahun yang tinggal di ibukota Buenos Aires mengkonsumsi narkoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here