Yayasan Paus Fransiskus Beri Penghargaan untuk Lionel Messi

Lionel Messi. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Lembaga yang didirikan Paus Fransiskus, Yayasan Scholas Occurentes memberikan penghargaan kepada Lionel Messi karena dianggap sebagai tokoh berpengaruh dalam dunia sepak bola.

Penghargaa Balon Educativo de Scholas itu diberikan pada Jumat, 12 Juli 2019, selepas ajang Copa America 2019 rampung, demikian dilansir Marca.com.

Messi dinilai pantas menerima penghargaan tersebut karena mampu menjaga nilai-nilai positif, seperti kerja keras, solidaritas, kejujuran, identitas, ketahanan, rasa hormat, dan kerja sama tim di sepanjang perhelatan Copa America 2019.

Kapten timnas Argentina ini memperoleh 34,28 persen suara mengungguli tiga kandidat lainnya, yakni gelandang Peru, Edison Flores (15,56 persen), kiper Peru, Pedro Gallese (11,28 persen), dan kapten timnas Brasil, Dani Alves (10,5 persen).

Suara tersebut berasal dari pemuda jejaring Yayasan Scholas di dunia dan pemungutan suaranya telah dimulai pada 1 Juni 2019 melalui akun resmi media sosial yayasan ini.

Apa itu Yayasan Scholas Occurentes?

Yayasan Scholas Occurentes kini berpusat di Palazzo San Callisto, Roma.

Menurut Vaticannews.com, Yayasan itu awalnya berupaa sebuah peroyek pendidikan yang diluncurkan oleh Paus Fransiskus pada 2001 saat ia masih menjadi Uskup Agung Buenor Aires. Proyek itu bertujuan untuk mendorong integrasi sosial dan budaya melalu olahraga, seni, dan teknologi.

Saat ia menjadi ia paus, ia membuatnya menjadi yayasa pada 2012. Kini, yayasan ini hadir di 190 negara.