Keuskupan Manado Resmikan Paroki Baru di Lolah

Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC bersama Uskup Emeritus, Mgr Josef Suwatan MSC dan sejumlah imam berfoto bersama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring usai Misa peresmian Paroki Maria Ratu Pencinta Damai Lolah, yang tercatat sebagai paroki ke-66 di Keuskupan Manado. (Foto: Antara)

Katoliknews.comKeuskupan Manado kini memiliki paroki baru, yakni Paroki Maria Ratu Pencinta Damai Lolah.

Paroki itu diresmikan oleh Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC pada Minggu, 14 Juli 2019, bertepatan dengan pemberkatan gereja baru.

Sebelumnya, paroki itu adalah sebuah stasi, dengan nama Stasi Lolah, yang bergabung dengan Paroki Hati Kudus Yesus Tanawangko.

Paroki baru itu yang akan dimpimpin oleh RD Marson Pungus  tercatat sebagai yang paroki ke-66 di Keuskupan Manado.

Peresmian paroki ditandai Misa Kudus yang dipimpin Uskup Rolly, didampingi RD Made Joniarta dan RD Marson Pungus. Turut hadir pula Uskup Emeritus, Mgr Josef Suwatan MSC.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Royke Roring juga ikut dalam acara itu.

Gubernur Olly menggunting pita dan menandatangani prasasti peresmian gereja.

Dalam kesempatan itu, Bupati Royke mengatakan, atas nama pemerintah, pribadi dan keluarga menyampaikan selamat atas diresmikannya gereja itu yang berada di wilayahnya.

Gubernur Olly menggunakan kesempatan itu untuk mengingatkan warganya tentang perlunya sikap bijak memasuki era teknologi sekarang ini yang membawa pengaruh pada banyak hal, termasuk keluarga.

Ia mencontohkan bahaya penggunaan gadget yang menghilangkan waktu untuk berkomunikasi dalam keluarga.

“Saat berhadapan, baik sedang makan maupun saat bersama berada di ruang keluarga, masing-masing sibuk dengan gadget sehingga tidak ada lagi komunikasi langsung antara orangtua dan anak, yang berlangsung dari pagi hingga malam,” katanya, seperti dilansir Tribunmanado.co.id.

Olly pun mengajak untuk bersama-sama membatasi penggunaan gadget saat bersama-sama dengan keluarga.

“Agar kita dapat terjalin komunikasi yang baik dalam setiap kesempatan saat berkumpul dengan keluarga,” katanya.