Ilustrasi

Katoliknews.com – Dalam sebuah karya mistiknya, Lignum Vitae (The Tree of Life, Pohon Kehidupan), Santo Bonaventura memanjatkan sebuah doa kepada Tuhan untuk memohon tujuh karunia Roh.

Dalam doa tersebut, sebagaimana dikatakan Santo Paulus, kita diajak untuk menyadari bahwa “Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan” (Rom 8:26).

“Kami berdoa kepada Bapa yang berbelas kasih, dengan perantaraan-Mu Putra-Nya terkasih, Engkau yang telah menjadi manusia bagi kami, disalibkan dan dimuliakan, agar demi harta kesayangan-Nya, Ia mengirimkan kepada kami tujuh karunia Roh yang berdiam pada-Mu dalam segala kepenuhan:

Kumohonkan karunia Roh, yaitu kebijaksanaan, agar kami dapat mencicipi buah Pohon kehidupan, yang mengandung cita rasa kehidupan, yang sesungguhnya adalah Engkau sendiri; 

karunia pengertian, yang dengannya jalan-jalan pengetahuan kami (akan Dikau)  diterangi;

karunia penasihat agar kami dapat mengikuti jejak-Mu dengan langkah-laku yang pasti;

karunia kekuatan agar kami mampu melumpuhkan serangan musuh yang kejam;

karunia pengetahuan agar kami diterangi ajaran-ajaran-Mu nan suci, sehingga mampu membedakan antara yang baik dan yang jahat;

karunia kesalehan agar kami memiliki hati yang penuh belas kasih;

karunia takut akan Allah agar kami dapat berbalik dari segala kejahatan, dan menjadi tenang oleh karena tersentuh oleh kuasa-Mu yang kekal.

Engkau menghendaki agar kami memohon semuanya ini melalui doa suci yang telah Engkau ajarkan kepada kami; dan sekarang demi salib-Mu yang kudus, kami memohon dan mengharapkannya, dalam kemuliaan nama-Mu yang Maha tinggi, bersama Bapa dan Roh Kudus, segala pujian dan  kemuliaan, syukur, sembah-bakti dan kuasa untuk selama-lamanya. Amin”.

Sumber: Andreatawolo.id, blog milik RP Andre Atawolo OFM. Silahkan membaca artikel lain dari  pengajar teologi dogmatik di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini dengan mengklik di sini!